Sukses Bisnis UMKM dengan Digital Marketing

Ada kabar bahagia untuk para pelaku bisnis UMKM yang memang ingin mengembangkan usahanya supaya menjadi lebih maju dengan adanya go digital. Di mana program ini memang dipersiapkan oleh pemerintah guna membantu para pelaku usaha UMKM agar bisnis mereka bisa lebih berkembang dan dikenal oleh masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Dalam perjalanannya untuk merintis sebuah usaha UMKM memanglah tidak mudah, karena itu ketika dunia mulai semakin modern bisnis UMKM jugalah harus bisa mengikuti. Karena itu apabila kamu ingin juga go digital haruslah mempunyai strategi tepat agar bisnis tersebut dapat berjalan lancar serta memperoleh keuntungan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Tips dalam Mengembangkan UMKM untuk Go Digital

Tentunya supaya bisa go digital kamu harusnya memiliki persiapan yang matang, tujuannya tentu supaya UMKM dapat berkembang ke arah yang lebih baik dan dikenal banyak orang. Berikut adalah tipsnya :

  • Memiliki wawasan mengenai dunia digital

Hal pertama yang harus dimiliki tentunya adalah mengenai wawasan tentang dunia digital. Kamu haruslah mencari tahu mengenai segala hal yang berkaitan dengan teknologi digital. Apalagi dunia digital sendiri berkembang sangat pesat.

Tentunya dengan memahami dunia digital secara tepat, kamu dapat menciptakan peluang-peluang yang memberikan keuntungan untuk usaha UMKM tersebut. Dimana keuntungan yang diperoleh sudah pasti untuk jangka panjang.

Dengan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang dunia digital marketing, kamu bisa dengan mudah masuk dalam go digital untuk UMKM. Selain itu, pemasaran yang dilakukan juga pasti menjadi mudah dan kamu dapat menemukan atau mencegah adanya masalah saat sudah memahami dunia digital ini.

  • Carilah mentor yang bisa membimbing

Mentor merupakan sosok penting bagi para pelaku UMKM yang mulai ingin merambah ke dunia digital. Carilah sosok yang memang bisa memberikan arahan mengenai digital marketing, karena dengan begitu kamu bisa belajar secara perlahan.

Karena ketika kamu hanya bergerak sendiri, tentunya akan kesulitan untuk memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi digital. Salah-salah usaha UMKM yang sedang dirintis malah mengalami kerugian.

  • Bangunlah relasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang dalam membangun sebuah usaha tidak bisa hanya dilakukan sendirian, dalam arti kamu membutuhkan banyak orang supaya bisa memperkenalkan bisnis yang saat ini sedang dijalani. 

Karena itu ada baiknya kamu mulai membangun relasi yang baik, namun tetaplah harus berhati-hati dan jangan sampai kamu salah memilih rekan karena dikhawatirkan dapat menjadi batu sandungan tersendiri.

Relasi di sini tidak hanya tentang sosok pebisnis besar, tetapi juga orang-orang yang membantu kamu. Seperti pegawai, supplier, kurir dan mereka yang kerap berinteraksi dengan usaha UMKM tersebut.

  • Buatlah website

Selain memanfaatkan media sosial kamu juga bisa membuat website atau situs supaya bisa lebih menggaet calon konsumen. Untuk di awal mungkin bisa menggunakan website yang gratis, namun seiring berjalannya waktu ketika mulai terlihat adanya keuntungan, kamu bisa menganggarkan dana membeli domain untuk website milik bisnis UMKM tersebut. 

  • Selalu mengikuti trend yang ada

Mengadaptasi terhadap satu hal yang saat ini sedang menjadi tren juga merupakan salah satu cara terbaik bagi UMKM untuk go digital secara tepat. Karena banyak target konsumen yang juga berfokus kepada produk-produk tertentu dari banyak pebisnis lain yang tentunya jauh lebih menarik. 

Jadi, apabila kamu tidak bisa mengikuti trend yang saat ini sedang populer maka bisa dipastikan bila nantinya akan ditinggal pergi oleh pelanggan. Oleh karena itu selalulah berusaha untuk mencari tahu apa yang saat ini sedang menjadi minat pelanggan.

Kemudian cobalah untuk memasukkan hal tersebut kepada produk UMKM yang nantinya akan dipasarkan, namun kamu tetap harus memasukkan ciri khas yang sejak awal sudah dimiliki supaya pelanggan tahu bahwa produk tersebut adalah milik usaha UMKM-mu.

  • Bangunlah hubungan baik dengan para pelanggan

Hal terpenting dalam sebuah bisnis agar bisa menjadi sukses selain promosi adalah pelayanan kepada pelanggan. Di mana kamu haruslah dapat memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, karena sebuah servis tidak hanya diperlukan ketika pelanggan datang ke toko, tetapi juga bagaimana kamu merespon komentar.

Kemudian pertanyaan di inbox dan ketika pelanggan menelponmu. Berikanlah mereka jawaban yang sesuai dengan hal yang dipertanyakan, gunakan bahasa yang baik dan juga sopan kepada pelanggan, berikan respon yang cepat sehingga mereka tidak perlu menunggu terlalu lama. 

Sebab ketika kamu ataupun karyawan yang kamu miliki tidak memberikan respon yang baik atau menjawab dengan cara yang salah, tentunya akan memberikan kerugian untuk usaha yang saat ini sedang dijalani. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa di zaman sekarang ini segala halnya bisa menjadi viral hanya karena sebuah kesalahpahaman.

Itulah tadi kiat sukses dalam menjalankan bisnis UMKM dengan memanfaatkan digital marketing. Kamu tidaklah boleh menutup mata mengenai pesatnya perkembangan digital, karena sekarang ini memang keberadaan teknologi digital baik di Indonesia maupun dunia sangatlah mampu mempengaruhi segala sektor dunia bisnis, salah satunya perdagangan.

Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan UMKM

Digital marketing merupakan bentuk pemasaran dan kamu dapat memanfaatkan media di internet. Misalnya Instagram, Facebook, Website, YouTube, Google Ads, Blog dan lainnya. Bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan digital marketing, ada baiknya untuk mulai mempelajari hal ini.

Karena bagaimanapun saat ini digital marketing merupakan salah satu cara supaya bisnis yang kamu miliki bisa berkembang lebih cepat, apalagi untuk UMKM yang memang sedang dalam proses pengembangan.

Peran Digital Marketing pada UMKM

Bagi kamu yang saat ini masih bingung sebenarnya apa saja peranan dari digital marketing untuk perkembangan bisnis, khususnya UMKM. Berikut dibawah adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mampu memanfaatkan digital marketing dengan baik, yaitu :

  • Biaya promosi lebih murah

Setiap bisnis tentunya membutuhkan promosi agar produk atau jasa yang dimilikinya bisa dikenal oleh masyarakat luas, begitu pula dengan UMKM. Apabila dulu dalam memperdagangkan sebuah produk, kamu hanya mengandalkan cerita mulut ke mulut, memasang iklan di baliho, pamflet, koran dan media komunikasi klasik lainnya yang pastinya harus mengeluarkan modal cukup besar.

Di masa modern seperti sekarang, kamu hanya perlu memanfaatkan digital marketing yang mana modal untuk melakukannya termasuk kecil, namun jangkauan pelanggannya jauh lebih luas dibandingkan dengan media klasik. Caranya adalah dengan membuat akun media sosial atau blog.

  • Mampu meningkatkan penjualan secara cepat dan efisien

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bila dengan memanfaatkan digital marketing kamu tentunya bisa menjangkau target konsumen tanpa harus mengkhawatirkan tentang batasan geografis. 

Karena pastinya dengan memanfaatkan media sosial saja calon konsumen yang bisa dijangkau tidak hanya dari daerah tempat tinggalmu tetapi juga yang berada di luar pulau bahkan luar negeri. Karena Hal inilah kemenkominfo sangat mendukung bila bisnis UMKM mulai diperkenalkan dengan digital marketing agar UMKM tidak tertinggal jauh di zaman yang sudah sangat modern ini.

  • Lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan

Dengan kamu memanfaatkan digital marketing tentunya akan lebih mudah bagimu untuk bisa berinteraksi dengan calon konsumen. Contohnya dengan menjelaskan tentang produk yang akan kamu tawarkan melalui postingan di media sosial.

Kemudian pastinya ketika ada target konsumen yang tertarik dengan produk tersebut, mereka akan merespon baik melalui kolom komentar maupun mengirimkan direct message. Nah disitulah kamu bisa membantu calon konsumen tersebut dengan menjawab pertanyaan yang mereka ajarkan. 

Tentunya bila target memang ingin membeli mereka juga bisa secara langsung menghubungimu melalui media sosial ataupun pesan yang dikirimkan ke media komunikasi. Karenanya, berusahalah dengan baik untuk mempromosikan bisnis UMKM lebih gencar lagi.

  • Mudah menganalisa pesaing

Manfaat dari digital marketing di dalam sebuah bisnis belakangan ini sudah mulai banyak yang merasakan efeknya tentu dampak yang diberikan sudah pastilah positif. Karena pada dasarnya para pebisnis ini mulai melihat adanya perkembangan yang signifikan setelah mereka memanfaatkan media atau jaringan internet.

Apabila kamu kurang mempercayai digital marketing maka cobalah untuk menjadi salah satu dari begitu banyak event atau kegiatan mengenai digital marketing yang kerap diadakan beberapa bulan sekali. 

Kamu akan melihat begitu banyaknya peserta yang tertarik dengan hal tersebut. Selain itu kamu juga bisa melakukan analisa pesaing dengan cara mencari produk atau jasa yang serupa dengan milikmu melalui website sosial media atau platform-platform lainnya.

  • Target pelanggan jauh lebih luas

Dengan kamu memanfaatkan jaringan internet, tentunya akan lebih mudah menjaring calon konsumen. Sebab dewasa ini hampir semua orang memang berkegiatan menggunakan smartphone atau perangkat yang terhubung dengan internet.

Bahkan sekarang ini, internet tidak hanya digunakan untuk mencari informasi saja. Namun, kamu bisa melakukan kegiatan belajar mengajar, meeting, berbelanja dan masih banyak lagi dengan memanfaatkan internet.

Sehingga di zaman ini sudah pasti pengguna internet jumlahnya sangatlah banyak. Jadi, kamu tidak perlu merasa khawatir jika produk yang dijual tidak bisa laku. Karenanya manfaatkanlah semua platform digital yang untuk memperkenalkan produk UMKM kamu kepada banyak orang.

  • Lebih mudah memperkenalkan dan memberikan edukasi tentang produk

Pada dasarnya fungsi marketing sendiri adalah untuk mengenalkan sebuah produk atau jasa kepada calon pelanggan. Pada tahap ini, kamu harus bisa memperkenalkan value yang dimiliki oleh produk yang ditawarkan tersebut agar konsumen tahu apa manfaatnya ketika mereka menggunakannya. 

Setelah pelanggan mengetahui manfaatnya tentu mereka akan membeli tanpa mempertanyakan perihal harga. Sebab, mereka sudah memiliki keyakinan bahwa memang membutuhkan produk yang kamu tawarkan tersebut.

Nah, demikianlah tadi beberapa manfaat dari digital marketing bagi para pengusaha UMKM dalam mengembangkan usaha mereka. Apabila kamu merupakan salah satunya, maka manfaatkanlah digital marketing sebaik mungkin agar bisa merasakan semua manfaat diatas. Karena bagaimanapun usaha kecil dan menengah juga ha

Iklan Digital Bisa Sukses dengan Tips Ini

Banyak cara yang harus ditempuh dalam urusan bisnis, apapun jenis bisnis yang sedang dijalani. Mulai dari penyusunan rencana anggaran, perencanaan konsep, perencanaan produk, perencanaan target, pemasaran dan tujuan goals serta masih banyak yang lainnya. 

Hingga kini, sudah banyak para pelaku usaha yang melakukan iklan produk dengan cara digital. Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang sudah banyak masyarakat Indonesia yang akrab dengan internet.

Perlu kamu ketahui, dengan memanfaatkan iklan digital, kamu sedang berusaha untuk menjangkau para calon pelanggan. Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, masyarakat Indonesia banyak yang mengoperasikan internet, dari website dan media sosial. Kamu harus cermat menaruh iklan di situs website dan media sosial, karena tidak semua menggunakan media sosial tertentu. 

Oleh sebab itu, jika kamu ingin produk yang kamu jual lebih banyak peminatnya, kamu harus mampu melakukan promosi berupa iklan digital. Dengan begitu, kamu sudah berupaya untuk melebarkan sayap dalam menjalankan bisnis yang selama ini kamu jalani.

Tips Mudah Melakukan Iklan Digital Agar Bisnis Sukses

Berikut ini adalah tips-tips yang mudah diikuti jika ingin melakukan iklan digital supaya bisnis kamu berjalan sukses dan lancar. Ada apa saja, simak dan perhatikan yuk!

Pandai Memahami Apa Kebutuhan Para Audiens

Tips pertama, kamu harus memahami apa saja kebutuhan para audien terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sebelum memasang iklan. Jika kamu sudah memahami apa yang dibutuhkan audien maka akan lebih mudah untuk memiliki perhatian dari para audien.

Beberapa perhatian khusus tersebut, secara tidak langsung menarik para audiens untuk memiliki minat mengunjungi halaman toko online kamu. Bahkan, perhatian tersebut bisa berujung pada audiens yang menjadi pelanggan setia.

Menciptakan Konten Iklan yang Menarik dan Unik

Tips kedua, kamu harus menciptakan konten iklan yang mampu menarik perhatian audiens. Tidak ada hentinya, kamu dituntut harus tetap menjadi kreatif dengan menciptakan beberapa konten-konten iklan yang menarik dan unik. Sebab, jika audiens merasa tertarik menonton konten kamu pada 3 detik pertama, selanjutnya pasti akan betah menonton konten iklan yang kamu buat.

Caranya adalah dengan membuat daya tarik produk kepada para audiens. Buatlah agar para audiens ingin membeli produk yang kamu tawarkan secara halus.

Jika berhasil menciptakan konten iklan yang menarik dan unik, maka akan memberikan dampak yang positif juga terhadap produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, penjualan kamu akan lebih meningkat pesat.

Punya Tim yang Berkompetensi

Tips ketiga, kamu harus memiliki tim iklan atau pemasaran yang berkompeten pada bidangnya dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaannya. Dengan memiliki tim pemasaran dan tim iklan yang berkompeten, kamu tidak akan rugi, sebab tim yang berkompeten akan terus berkarya dengan cara kreatif supaya produk yang kamu punya bisa terjual.

Menggunakan Media atau Platform yang Cocok

Tips selanjutnya, kamu harus bisa cermat dalam memilih media atau platform mana yang hendak kamu gunakan. Poin yang satu ini ada hubungannya dengan memilih target pasar yang sudah kamu tentukan.

Sebagai contoh, jika target pasar kamu adalah mahasiswa yang identik dengan hal yang kekinian, maka kamu harus mengunggah iklan yang sudah kamu buat di beberapa media sosial yang sedang ramai digunakan oleh banyak mahasiswa. Sekarang ini ada media sosial yang ramai digunakan oleh mahasiswa berupa instagram, facebook, tiktok, twitter dan youtube.

Dengan menggunakan media atau platform yang cocok, maka kamu sudah memperluas jangkauan pemasaran terhadap calon pelanggan atau audiens. 

 

Rutin Melakukan Evaluasi

Kamu harus melakukan evaluasi secara berkala terhadap strategi dari pemasaran yang sudah kamu lakukan secara digital. Evaluasi atau pemeriksaan dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa lebih mengetahui sudah sejauh mana strategi pemasaran yang dilakukan berjalan dengan lancar atau ada hambatan atau tidak.

Sebagai contohnya, jika kamu sudah melakukan suatu strategi pemasaran dengan menggunakan iklan digital. Namun, usaha itu belum membuahkan hasil yang sesuai keinginan, maka kamu harus melaksanakan suatu evaluasi dengan tim pemasaran dan iklan.

Kamu harus mengetahui apa saja penyebab audiens kurang minat. Apabila terdapat masukan kritik dan saran dari pelanggan, kamu juga harus mengumpulkannya jadi satu dan lakukan evaluasi bersama. Tidak ada salahnya juga jika kamu mendengarkan beberapa saran dari tim pemasaran dan tim iklan digital.

Selanjutnya kamu harus menyusun berbagai keluhan, kritik dan saran mengenai produk dan iklan digital yang sudah kamu unggah. Kemudian, kamu dengan tim juga harus menyusun ulang bagaimana perencanaan pemasaran iklan digital. Dengan begitu, kamu sudah berupaya dalam memajukan bisnis yang selama ini sudah kamu geluti, dan diharapkan jadi lebih baik di masa yang akan datang.