Cara Membuat Video Iklan di Tiktok

TikTok app merupakan aplikasi dengan menampilkan video pendek yang sangat ramai digunakan pada jagat sosial media di dunia. Hingga sekarang, TikTok sudah dianggap sebagai media Gen Z karena rata-rata penggunanya berusia dibawah 30 tahun. 

Sebab itulah banyak pengiklan atau pengusaha yang mulai membuat strategi periklanan pada paltform tersebut guna meningkatkan bisnis mereka. Belum lagi saat ini TikTok telah meluncurkan fitur baru, yaitu TikTok Ads dan dapat Anda manfaatkan menjadi bagian strategi pemasaran digital marketing pada sosial media.

Cara Beriklan di TikTok

TikTok meluncurkan beragam format iklan guna membantu brand untuk menjangkau penonton atau audiens. Supaya Anda dapat dengan mudah memasang iklan pada aplikasi TikTok, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan :

1. Buat Akun Iklan TikTok

Agar dapat membuat sebuah iklan pertama, silakan mengunjungi beranda TikTok for Business kemudian klik ”get started”, setelahnya Anda akan diarahkan pada halaman login. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan memilih tombol sign-up.

2. Buat Campaign di TikTok Ads

Pada bagian dashboard TikTok Ads, klik “campaign” yang terdapat di bagian atas. Kemudian tekan “create” serta “create new” setelah halaman baru terbuka. Lanjutkan dengan memilih tujuan kampanye, ini adalah tujuan utama mengapa iklan dibuat.

Ada tiga opsi yang dapat Anda pilih, yakni :

  • Awareness dengan memilih reach.
  • Consideration dengan memilih traffic.
  • App instal, video views dan conversion.

Untuk menetapkan budget yang akan Anda gunakan pada kampanye iklan, Anda dapat memilih salah satu dari dua opsi anggaran, yaitu harian atau total. Ada juga “no limit” pada bagian bawah, bila Anda ingin menggunakan iklan tanpa ada batasan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan batas minimum harian dan tota, setelahnya silahkan lanjutkan dengan klik “continue”.

3. Atur Placement, Detail, dan Target

Selanjutnya Anda dengan otomatis akan langsung masuk pada menu untuk membuat sebuah grup, kemudian pilihlah penempatan penargetan iklan. Fitur paling bermanfaat yang ada pada TikTok Ads, yaitu adanya kemungkinan bagi Anda dapat menjalankan iklan dengan platform yang tepat.

TikTok juga memiliki pilihan untuk auto placement, dimana pihak TikTok-lah yang akan menentukan pada bagian mana iklan ditempatkan guna mendapatkan kinerja yang baik. Masukkan seluruh detail yang memang dibutuhkan untuk menjalankan iklan.

Termasuk memasukkan link website Anda, nama, gambar serta kategori. Anda bisa memilih sampai dengan 20 key word yang menjelaskan mengenai situs milik Anda yang cocok dengan pengunjung.

Bagian penargetan akan menentukan audiens sesuai dengan target iklan Anda. Tetapkanlah parameter, seperti misalnya lokasi, usia, bahasa, gender, perangkat, minat dan lain sebagainya agar dapat menarik bagi pengunjung atau penonton konten Anda.

4. Tetapkan Anggaran, Durasi, dan Sasaran

Masih berdasarkan pengaturan pada ads group, menetapkan budget untuk iklan pada anggaran serta jadwal. Anda bisa memilih menggunakan anggaran harian dengan jumlah yang diinginkan untuk belanja tiap hari.

Bisa juga memilih anggaran total yang jumlahnya telah Anda tetapkan dan digunakan belanja berdasarkan durasi dari iklan yang Anda pilih. Jangan lupa bila ada minimal budget pada setiap kategori penentuan tarif iklan.

Pilihlah durasi guna menjadwalkan waktu penayangan iklan, dengan adanya day parting memudahkan Anda untuk menetapkan waktu menjalankan iklan. Selain itu pihak TikTok juga memberikan opsi lain yang biasa disebut dengan “pengoptimalan cerdas”.

Apabila opsi ini dipergunakan, Anda dapat menyesuaikan serta mengoptimalkannya untuk meningkatkan konversi. Namun, jika Anda lebih memilih tayangan atau klik sebagai sasaran dari iklan, sebaiknya tidak mengaktifkannya.

5. Menentukan Format dan Memilih Desain Iklan

Anda bisa merancang sendiri desain dari iklan TikTok, dapat berupa gambar (persegi, vertikal dan horizontal) ataupun video. Platform iklan juga mempunyai fitur yang biasa disebut dengan video creation kit.

Tools tersebut berupa penyedia template gambar dan video yang dapat Anda gunakan secara bebas. Fitur creation kit telah dilengkapi dengan beragam pilihan musik yang bisa dipakai sebagai musik latar.

Setelah pihak TikTok menyetujui iklan yang Anda buat, maka iklan tersebut akan mulai ditayangkan atau berjalan. Anda memiliki hak untuk memantau kinerja iklan pada dashboard iklan.

Jenis-jenis TikTok Ads

TikTok menyediakan beragam pilihan Ads untuk pengiklan. Berikut adalah jenis-jenisnya :

In-Feed video

Iklan ini biasanya akan ditempatkan pada bagian bawah. Jenis iklan In-Feed Video ini merupakan yang paling sering digunakan oleh para pengguna TikTok. Hal tersebut dikarenakan biayanya yang relatif terjangkau.

Brand takeover

Iklan yang satu ini akan mengambil keseluruhan layar user untuk beberapa detik ketika Anda pertama kali membuka aplikasi. Setelahnya akan menghilang dan kembali menjadi iklan seperti biasanya.

Hashtag challenge

Biasanya iklan ini akan muncul pada bagian discovery dan mendorong user agar melakukan sebuah tantangan yang saat itu sedang trend (popoler).

Demikianlah cara membuat iklan pada TikTok beserta dengan jenis iklan yang disediakan. Selalu perhatikan waktu tayang iklan serta buatlah iklan yang unik agar banyak orang tertarik untuk menonton hingga selesai. Ada baiknya jika tidak terlalu panjang.

Dapat Suntikan Modal? Perlu Dialokasikan Kemana Saja?

Mendapatkan suntikan modal usaha menjadi kesempatan emas untuk bisa menjalankan usaha secara tepat. Pinjaman dana ini adalah dukungan dari berbagai pihak sehingga niat baik Anda membuka usaha bisa terlaksana, pinjaman ini juga menjadi solusi untuk pengusaha pemula. 

Tidak perlu bingung saat ingin membuka usaha tetapi kekurangan modal bahkan tidak memiliki modal sama sekali. Jika sudah memiliki konsep bisnis dengan jelas dan bersemangat untuk melakukannya maka masalah modal tidak lagi menjadi masalah yang besar sebab ada dana awal yang bisa Anda dapatkan dimana pun. 

Modal awal dari suntikan dana 

Sebuah pinjaman untuk modal usaha ini bisa Anda manfaatkan untuk dana awal usaha saat Anda tidak memiliki dana sama sekali. Sebagai contoh, usaha yang dianggap mempunyai masa depan cerah yaitu: 

1. Usaha kuliner 

Mengenai dunia kuliner maupun aneka makanan lainnya tentu saja selalu mendapatkan tempat tertentu. Misalnya kuliner dari banyak daerah pasti selalu dicari saat para wisatawan berkunjung ke daerah tersebut. 

2. Usaha fashion 

Usaha pakaian atau aksesoris lainnya adalah sebuah kebutuhan dasar dan juga kebutuhan tambahan bagi manusia. Pada dasarnya manusia memang selalu membutuhkan pakaian dan aksesoris untuk bergaya dengan pakaian tersebut. 

3. Usaha bidang pendidikan 

Di zaman ini untuk membuka jasa pengajaran atau pendidikan tidak perlu dilakukan secara tatap muka. Anda bisa melakukannya secara online, sama halnya dengan platform Ruang Guru dan sejenisnya. Tetapi, tentu saja untuk usaha ini Anda membutuhkan tim yang solid agar bisa mencapai kesuksesan. 

Sekarang Anda dapat memperoleh pinjaman dari Bank dan sejumlah pinjaman online lainnya. Tentu saja mereka akan memberikan Anda syarat dan ketentuan yang berbeda-beda dan biasanya meminta beberapa dokumen yang sama seperti KK, KTP, NPWP dan lainnya. 

4. Usaha jasa kebersihan 

Seperti yang Anda ketahui jika jasa kebersihan ini sudah sejak lama digeluti banyak orang sebab permintaannya yang tidak pernah berhenti. Jasa ini memiliki peran penting saat asisten rumah tangga pergi untuk waktu yang lama seperti hari raya lebaran dan lainnya. Khususnya bagi ibu rumah tangga, tentunya jasa ini akan membantu sekali. 

Sejumlah ide diatas hanyalah contoh karena masih banyak cara lain untuk mengalokasikan dana pinjaman usaha. Pastinya sebelum Anda membuat usaha, analisis pasar lebih dulu untuk melihat produk atau jasa apa yang sangat laku di lingkungan Anda. 

Membuka cabang baru 

Saat Anda sudah merintis usaha dan berkembang dengan pesat maka tentunya Anda ingin untuk membuka cabang tetapi terkendala dengan biaya. Jika kekurangan biaya maka Anda bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan dana tambahan. Seharusnya mengajukan pinjaman untuk membuka cabang baru, pencairan dananya akan lebih mudah. Sebab para investor sudah bisa melihat perkembangan dari usaha yang Anda jalankan tersebut. Saat ada referensi maka otomatis kepercayaan akan meningkat. 

Saat hasil dan keuntungan bisa diperkirakan sejak awal maka tidak sulit untuk mengembalikan dana pinjaman tersebut. Tidak hanya kemudahan untuk membangun kepercayaan dari para investor saja, tetapi bisa meningkatkan rasa percaya diri sendiri untuk dapat mengembalikan pinjaman. 

Dengan membuka cabang baru dari suntikan dana para investor, hal ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan sayap usaha menjadi lebih besar lagi. Saat usaha semakin berkembang, mungkin saja kedepannya Anda tidak perlu lagi meminjam saat ingin membuka cabang baru. 

Memajukan usaha dengan strategi marketing 

Usaha untuk mengembakan bisnis bisa menjadi hal yang sangat luas. Jika Anda membuka jasa untuk para reseller, berarti Anda harus menambah stok produk. Lalu, di zaman yang semakin berkembang ini, ada baiknya Anda menggunakan strategi marketing untuk membantu usaha Anda bisa diketahui oleh banyak orang sehingga berkembang pesat. 

Cobalah untuk membuat diskon besar-besaran agar calon pelanggan membeli produk atau memakai jasa Anda. Strategi marketing sekarang bisa dilakukan secara online maupun offline, keduanya sama saja memerlukan suntikan uang untuk biaya operasional. Pinjaman modal dari investor terpercaya membantu sekali untuk membuat usaha Anda lebih berkembang. 

Pengajuan pinjaman modal usaha ini umumnya harus diikuti dengan tujuan yang jelas dan konsep yang matang supaya calon investor tidak ragu untuk memberikan Anda dana. Demi bisnis yang berkembang, keterbatasan biaya tidak menjadi masalah yang tidak bisa diselesaikan. Selama Anda memiliki gambaran untuk menjalankannya, maka suntikan dana mana saja mudah untuk didapatkan, apalagi sekarang banyak sekali pinjaman online untuk pelaku usaha. 

Menggunakan pinjaman modal dengan tepat bisa mempengaruhi keberlangsungan usaha Anda, saat memilih untuk menggunakan pendanaan yang terpercaya, otomatis seluruh proses pengembalian biaya bisa lancar. Besarnya bunga juga bisa berpengaruh ke jangka waktu dana secara menyeluruh bisa dikembalikan kepada investor.

Kunci Keberhasilan Dalam Strategi Digital Marketing

Tentunya seluruh perusahaan memakai digital marketing sebagai metode pemasarannya. Namun, saat ini bagaimana cara yang tepat untuk membuat strategi marketing? 

Berbicara mengenai digital marketing pastinya tidak ada habisnya. Semua perusahaan sekarang berminat dengan digital marketing, tetapi masih ada beberapa dari mereka yang masih menggunakan kegiatan sales di dunia marketing. Hal ini tentu saja salah, harus diketahui jika kebiasaan pengguna di media digital ini tidak sama dengan kegiatan yang dilakukannya di dunia nyata. 

Hal yang terlihat sangat berbeda yaitu karena customer Anda menggunakan dunia digital melalui media yang memuat aktivitas pribadi mereka. Bisa Anda bayangkan bagaimana rasanya ada sales yang datang saat Anda sedang di dalam rumah sendirian, tidak menyenangkan, bukan? 

Nah, itulah kenyataan yang sering dirasakan oleh calon customer saat perusahaan salah menerapkan strategi marketingnya. 

Faktor-Faktor Keberhasilan Digital Marketing

Terdapat banyak faktor keberhasilan yang bertebaran di internet, namun sekarang kita hanya akan membahas hal esensial nya saja. Simak ulasannya di bawah ini. Kenali audiens 

Dalam seluruh strategi digital mulai dari media sosial hingga digital ads, Anda harus paham target audiens yang ingin dijangkau. Biasanya perusahaan hanya fokus memperkenalkan dirinya sendiri seperti memusatkan keunggulan mereka dan mengharuskan audiens berinteraksi dengan akun mereka) tanpa meladeni masalah yang harus dihadapi. 

Pastinya menggunakan strategi itu sangat membosankan, mengingat umumnya manusia tidak akan tertarik dengan pembicaraan 1 arah. Sama hal nya jika Anda mendengarkan teman yang membicarakan dirinya sendiri. 

Tetapi ada hal yang sama pun terjadi, saat Anda sembarangan berinteraksi tanpa menyimak kebutuhan para pelanggannya. Faktanya di zaman ini juga masih banyak perusahaan yang menggunakan strategi tersebut, mereka hanya fokus berinteraksi dengan audiensnya tetapi tidak memperhatikan masalah yang sedang dihadapi oleh audiens. 

Bisa dibayangkan saat Anda akan mencari tahu merek laptop yang bagus ke teman Anda, namun ia malah mengajak Anda berbicara tentang otomotif. Tentunya Anda menjadi tidak tertarik bukan? 

Pahami masalah audiens 

Apabila Anda memahami masalah audiens seperti hal apa yang sedang dibutuhkannya, Anda dapat memberikan informasi bahkan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Pesan yang diberikan makin relevan akan membuat Anda mendapatkan rasio konversi yang tinggi. 

Buat konten yang memiliki pesan 

Banyak sekali konten yang memberikan pesan tidak efektif, sehingga pelanggan semakin tidak tertarik, dan jika pesan terlalu sedikit bisa membuat pelanggan tidak memahami produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, buatlah konten yang efektif untuk diberikan kepada pelanggan. Sesuaikan pembahasan dengan solusi yang akan diberikan, serta jangan membahas hal lain. 

Misalnya, saat usaha Anda membahas mengenai laptop, maka sudah pasti konten yang dibahas seputar dunia laptop. Pastikan juga konten yang dibuat mengandung Call To Action (CTA) yang sesuai dengan pembahasan. Biasanya, setiap digital strategist memakai CTA yang memiliki unsur kata-kata yang bisa mempengaruhi audiens agar melakukan pembelian. Tentunya Anda dapat memakai CTA yang sama dengan goal yang ingin dicapai. 

Sinkronkan penyajian konten

Masing-masing kanal pemasaran mempunyai peruntukan dan segmentasinya sendiri. Misalnya, Instagram dan LinkedIn, dimana Instagram banyak dipakai oleh anak muda atau millennial, dan LinkedIn banyak dipakai oleh para profesional. Sebab dari perbedaan tersebut Anda harus bisa menyesuaikan pembahasan konten dan bahasa yang akan di upload. 

Jika penyajian dianggap tidak sesuai oleh para audiens, maka bisa mengakibatkan mereka menjadi tidak tertarik bahkan mereka bisa saja pergi. Untuk itu, hal ini harus Anda buat dengan matang. 

Buat konten “Evergreen” 

Tidak ada salahnya jika Anda membuat konten dengan melihat situasi saat ini, namun konten tersebut akan beresiko basi sehingga tidak dapat dipakai kembali di masa yang akan datang. Apabila Anda memakai strategi ini untuk jangka yang panjang, pastinya hanya menghabiskan sumber daya sendiri, khususnya untuk bagian konteks viral dan researchnya. 

Namun, bukan berarti juga Anda tidak boleh membuat konten seperti itu, maksudnya yaitu lebih baik Anda fokuskan di akar permasalahan yang dapat ditangani oleh produk yang akan Anda tawarkan. 

Utamakan jual solusi 

Banyak yang menyarankan bisnis untuk memberikan solusi unik dari bisnis tersebut, daripada fokus dengan menjual produk. Alasan yang paling marak yaitu karena solusi yang akan diberikan perusahaan yang satu dengan lainnya belum pasti sama. Walaupun sama, pasti kualitasnya berbeda. 

Untuk itu, selalu perlihatkan solusi yang akan Anda berikan kepada audiens dari cara pemasaran yang Anda jalankan. Apabila Anda hanya fokus di produk sana, maka bisa jadi kompetitor memberikan harga yang murah dengan produk yang sama. Anda bisa berpotensi terikat dengan praktik “perang harga” sehingga nantinya Anda akan rugi.