Beberapa Kemudahan yang Ditawarkan Oleh Pinjaman Online

Pinjaman Online

Pinjaman online sekarang ini menjadi sebuah pilihan bagi banyak orang untuk mendapatkan dana tunai, baik untuk memenuhi kebutuhan atau untuk kebutuhan usaha atau bisnis di tengah pandemi seperti sekarang. Pandemi COVID-19 saat ini berdampak di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia yang tak luput dari berbagai dampak adanya pandemi. 

Hal tersebut tentu akan berdampak pada berbagai bidang dan sektor khususnya perekonomian Indonesia, sehingga banyak sektor komersial yang mengalami kerugian, bahkan menghadapi ancaman kebangkrutan dalam hal ini.

Di tengah kesulitan seperti sekarang ini, pinjaman online banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sedikit banyak membantu dalam memenuhi kebutuhan dengan kemudahan mendapatkan dana pinjaman yang ditawarkan. Selain itu, meningkatnya gaya hidup masyarakat di era digital ini juga menjadi penyebab banyaknya layanan pinjaman online.

Hanya cukup mengakses melalui aplikasi di ponsel yang Anda miliki, proses pengajuan dana pinjaman dari platform pinjaman online bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Namun, sebelum Anda ingin mengajukan pinjaman, maka harapan memastikan terlebih dahulu apakah platform pinjaman yang Anda pilih telah legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar kita dapat mengajukan pinjaman dana dengan aman dan nyaman.

Setelah membahas manfaat dari adanya pinjaman online di era sekarang, selanjutnya kita akan membahas beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh platform pinjaman online, yuk kita simak.

1. Syarat Mudah

Dibandingkan dengan Anda meminjam uang dari bank, persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda memilih meminjam uang di platform layanan pinjaman online jauh lebih mudah. Anda hanya perlu melampirkan foto Anda, foto identitas pribadi, dan mengisi data diri  yang disediakan oleh pihak pinjaman online tersebut melalui sebuah aplikasi. 

Akan tetapi kadang Anda juga akan diminta untuk melampirkan bukti penghasilan Anda yang berupa slip gaji, untuk persyarat ini tergantung dari pihak penyedia pinjaman online yang persyaratannya bisa ada perbedaan satu sama lain.

Selain itu, kemudahan lain yang Anda rasakan saat proses pengajuan pinjaman adalah Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk pergi ke kantor penyedia layanan pinjaman tersebut. Cukup unduh aplikasi pinjaman online yang telah Anda pilih dan Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman uang di rumah atau di mana saja, hanya cukup melalui aplikasi yang sudah tersedia.

2. Proses Pencairan dana Yang Cepat

Hanya perlu beberapa jam untuk menunggu persetujuan pinjaman yang Anda ajukan di platform penyedia pinjaman online, bahkan beberapa layanan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. 

Banyak orang sangat terbantu dengan adanya kemudahan ini. Berbeda apabila Anda mengajukan pinjaman di bank konvensional, butuh beberapa hari bagi Anda untuk mengetahui apakah pengajuan pinjaman Anda sudah disetujui atau ditolak.

Dengan mengajukan pinjaman dana di platform pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan atau untuk memulai usaha, Anda tidak perlu menunggu lama sampai beberapa hari kerja untuk proses verifikasi data dari pihak peminjam. Hanya dalam beberapa jam, atau mungkin tidak sampai satu jam, Anda sudah bisa mengetahui atau mendapatkan dana yang Anda butuhkan, sehingga waktu Anda tidak banyak terbuang untu menunggu.

3. Kemudahan Dalam Membayar Cicilan

Kemudahan lain yang bisa Anda rasakan yaitu saat Anda akan membayar cicilan dari pinjaman dana yang Anda punya. Ketika telah memasuki tanggal dimana Anda haru membayar cicilan, maka Anda tidak perlu untuk keluar rumah atau meluangkan waktu mendatangi kantor penyedia layanan pinjaman online. Anda dapat membayar cicilan pada aplikasi platform pinjaman online tersebut. Di Aplikasi akan tertera nomor virtual dan jumlah dana yang perlu Anda bayarkan.

Dengan pembayaran melalui akun virtual maka Anda dapat langsung membayar melalui internet banking, mobile banking, atau aplikasi perbankan lainnya, tergantung dari Anda menggunakan layanan bank pilihan Anda. Selain itu Anda juga bisa membayar melalui ATM dan juga minimarket terdekat.

4. Dana Pinjaman Langsung Cair ke Rekening Pribadi

Saat Anda mengisi data pribadi saat proses pengajuan pinjaman pada aplikasi platform pinjaman online yang Anda pilih a, maka Anda diminta untuk melampirkan nomor rekening bank Anda. Hal ini bertujuan saat pengajuan pinjaman Anda selesai diverifikasi dan disetujui, maka dana pinjaman akan langsung masuk ke rekening pribadi Anda.

Pinjaman modal komersial online memang sangat-sangat mudah, namun ALover tetap harus bijak dalam menggunakannya dan mencicil tepat waktu. ALover juga harus berhati-hati saat memilih perusahaan penyedia pinjaman online. Pastikan perusahaan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Baca artikel ini untuk memahami karakteristik perusahaan yang terdaftar di OJK.

Penyedia layanan pinjaman online memang memberikan manfaat kemudahan bagi banyak orang, namun Anda tetap harus bijak dalam memanfaatkan dan jangan lupa untuk membayar cicilan tepat waktu setiap bulanya. Selain itu juga Anda perlu untuk berhati-hati ketika memilih platform layanan pinjaman online. Anda harus memastikan bahawa platform tersebut telah terdaftar dan dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).