Anda yang masih bingung untuk menentukan strategi marketing yang tepat? Untuk para pelaku usaha, ada beberapa strategi digital marketing yang dapat dilakukan untuk mendukung berkembangnya usaha hingga penjualan meningkat. Memang ada beberapa cara yang memerlukan waktu yang lama.
Tetapi, masih banyak juga cara yang dapat Anda coba hingga menemukan cara yang tepat untuk menjual maupun mempromosikan barang yang Anda jual. Agar Anda tidak bingung, berikut sejumlah strategi digital marketing yang dapat Anda terapkan.
1. Membuat produk yang menarik
Terlebih dahulu Anda wajib menyiapkan produk yang menarik daripada produk milik pesaing lainnya, sebelum Anda melakukan promosi. Membuat produk yang menarik bisa membantu Anda untuk menang dalam persaingan pasar dan juga bisa membuat para pelanggan loyal untuk memakai produk milik Anda. Tidak hanya itu saja, produk yang menarik juga bisa membuat iklan yang Anda buat semakin menarik.
2. Tujuan iklan yang jelas
Jika Anda sudah membuat produk yang menarik, maka tahap selanjutnya adalah Anda harus membuat tujuan dari iklan yang akan Anda buat. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan Anda agar bisa mendapatkan tujuan iklan.
Contohnya seperti Anda mempunyai UMKM di bidang kuliner, Anda ingin membuat tujuan iklan yang dicapai yaitu memperkenalkan pada konsumen beberapa varian rasa terbaru. Sehingga ketika membuat iklan, Anda cuma fokus untuk satu tujuan saja.
3. Gunakan online marketing
Memiliki UMKM yang dikenal banyak orang dan sukses, menjadi sebuah impian para pemilik UMKM. Menggunakan pemasaran online atau biasa disebut dengan “Online Marketing” ini adalah salah satu cara pemasaran yang cocok untuk Anda mempromosikan produk.
Online marketing bisa membantu Anda untuk memperoleh pelanggan yang sesuai dengan target Anda, dikenal oleh banyak orang dan menjadi nomor 1 pada mesin pencarian Google. Ada sejumlah cara online marketing yang dapat Anda lakukan, misalnya Google Ads, video marketing, content marketing dan social media marketing.
4. Membuat banyak promo
Mengadakan promo menjadi sebuah strategi untuk bisa menarik perhatian para calon pelanggan untuk membeli barang maupun jasa yang Anda miliki. Tentu saja mereka akan mudah sekali tertarik saat melihat adanya “promo”. Untuk strategi ini Anda bisa memberikan kupon hadiah, potongan harga, cashback maupun promo lainnya.
Anda bisa membuat promosi pada momen atau hari-hari penting, seperti hari raya idul fitri, hari raya imlek, hari raya natal dan pada awal tahun maupun di libur akhir tahun.
5. Influencer marketing
Sekarang telah banyak usaha yang memakan endorse marketing, mulai dari UMKM, usaha rumahan, hingga usaha besar juga mempercayakan produk atau jasanya kepada para influencer. Di sejumlah kasus, strategi ini masih dibilang efektif dan patut untuk dicoba.
6. Melakukan kompetisi via online
Siapa sangka jika mengadakan kontes online dapat menjadi salah satu strategi digital marketing yang cocok untuk dilakukan secara rutin. Kegiatan ini dapat mempromosikan produk atau jasa melalui giveaway, mengakuisisi banyak calon pelanggan dan menambah brand awareness.
7. Mengikuti event atau pameran
Meskipun melakukan digital marketing, namun kegiatan secara offline pun tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Pada umumnya, terdapat banyak event yang dilaksanakan untuk mempromosikan bisnis terbaru. UMKM dapat mengikuti event atau pameran tersebut untuk menjadikan sebuah strategi pemasaran barang yang Anda miliki.
8. Memanfaatkan sosial media
Hampir seluruh orang saat ini mempunyai sosial media, terutama dewasa dan remaja. Teknik berkomunikasi secara langsung antara calon pelanggan dan pelanggan dapat menjadi salah satu cara yang efektif. Selain itu, strategi digital marketing ini tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.
Banyaknya orang yang menggunakan sosial media menjadi sebuah peluang besar untuk para UMKM dapat berkembang menggunakan media sosial marketing.
9. Menggunakan SEO
Agar konten dapat muncul dan dilihat pada mesin pencarian, maka konten yang dibuat wajib melakukan optimasi yang dilakukan untuk memastikan jika konten mempunyai ranking yang bagus ketika dicari dari kata kunci tertentu.
10. Konsisten dalam segala hal
Strategi pemasaran untuk UMKM ini kuncinya adalah konsisten saat menjalankan strategi yang sudah Anda pilih, dimana tujuannya yaitu untuk bisa membantu rasa percaya pelanggan terhadap bisnis Anda.
Contohnya seperti, saat Anda memakai strategi “content marketing” untuk membantu dalam hal promosi, maka tetaplah konsisten untuk membuat berbagai macam konten dan harus selalu melakukan evaluasi untuk bisa mendapatkan konten yang berkualitas.
Demikianlah ulasan mengenai strategi digital marketing yang dapat diterapkan pada UMKM yang dapat menjadi rekomendasi untuk Anda yang memiliki usaha. Jangan lupa untuk selalu konsisten dalam semua hal yang dilakukan terkait usaha yang sedang Anda jalani untuk mendapatkan hasil yang memuaskan serta melakukan evaluasi agar usaha dapat terus berkembang dan berinovasi. Selamat mencoba!