Di era digitalisasi, banyak sekali kemudahan yang bisa kita rasakan manfaatnya. Salah satunya dalam hal berbisnis. Saat ini berbagai media sosial dapat menjadi salah satu alternatif dalam mempromosikan bisnis yang kita bangun. Tidak hanya instagram, bahkan Facebook juga bisa menjadi salah satu pilihan dalam mempromosikan bisnis. Kamu bisa menggunakan fitur Facebook Ads atau Iklan FB untuk menjangkau target pasar yang kamu tuju. Namun sebelum itu, kamu harus menyiapkan strategi yang baik agar iklan yang kamu pasang bisa berjalan secara optimal dan sampai ke audiens yang tepat. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan dalam mengoptimalkan iklan FB.
Memperbaiki Halaman FB
Cara pertama yang dapat kamu lakukan dalam mengoptimalkan iklan FB adalah memperbaiki Halaman Facebook. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan :
- Membuat nama yang simple serta mudah diingat oleh audiens.
- Membuat deskripsi yang mudah dipahami oleh audiens.
- Gunakan foto sampul dan foto profil yang direkomendasikan.
- Gunakan tombol tindakan untuk mengarahkan audiens ke website kamu.
- Tambahkan contact person di halaman Facebook.
Menentukan Target Audiens
Setelah memperbaiki halaman facebook, langkah selanjutnya adalah menentukan target audiens agar tepat sasaran. Tips-tips yang bisa kamu lakukan seperti :
- Tentukan Wilayah, agar iklan FB kamu bisa berjalan secara optimal kamu perlu menentukan wilayah yang akan kamu tuju. Saat ini Facebook sudah menyediakan fitur khusus yang bisa kamu gunakan untuk memilih audiens. Jika kamu ingin menarik calon pelanggan di suatu wilayah, kamu bisa menuliskan nama wilayah yang dituju.
- Tentukan Bahasa, kamu bisa memilih bahasa yang akan digunakan. Namun untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kamu juga bisa menerapkan Bahasa asing.
- Tentukan Jenis Kelamin, kamu bisa tentukan jenis kelamin yang sesuai dengan bisnis yang akan kamu iklankan. Contohnya jika bisnismu berfokus ke hijab, kamu bisa memilih jenis kelamin perempuan. Tetapi kamu juga bisa memilih semua jenis kelamin agar jangkauan iklannya bisa tersebar lebih luas lagi.
- Tentukan Umur, kamu juga perlu menentukan target umur supaya iklan yang kamu pasang dapat menyasar audiens yang tepat.
Memilih Format Iklan yang Ingin Digunakan
Cara mengoptimalkan iklan FB selanjutnya adalah memilih format iklan yang akan digunakan. Berikut adalah format iklan yang bisa kamu pilih :
- Iklan Foto, kamu bisa menyiapkan foto yang profesional serta memiliki kualitas yang tinggi.
- Iklan Video, terdapat 2 pilihan yang bisa kamu coba yaitu mengedit beberapa gambar kemudian dibuat menjadi tayangan slide atau kamu bisa membuat video secara langsung. Video tersebut nantinya akan ditampilkan pada beranda facebook, story facebook dan in-stream.
- Iklan Stories, seperti yang sudah diketahui jenis iklan ini akan muncul di story facebook, messenger serta instagram. Iklan yang satu ini sering sekali digunakan oleh pebisnis karena tayangan yang muncul terlihat dengan jelas.
- Iklan Messenger, menggunakan iklan ini kamu bisa menjalin komunikasi secara langsung dengan calon pelanggan.
- Iklan Koleksi, jenis iklan ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang sudah memiliki website sendiri. Semua produk yang sudah tersedia di website dapat kamu hubungkan dengan iklan yang kamu pasang, dengan begitu calon pelanggan dapat melakukan pembelian dengan mudah.
- Iklan Carousel, untuk iklan ini cocok digunakan oleh kamu yang ingin mempromosikan beberapa produk dalam satu iklan.
Memanfaatkan Facebook Offer
Memanfaatkan facebook offer juga menjadi salah satu cara dalam mengoptimalkan iklan. Kamu bisa memberikan penawaran kepada calon pelanggan kamu, contohnya seperti memberikan voucher hingga diskon.
Memanfaatkan Fitur CTA
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur CTA atau Call To Action. Fitur ini bisa menjadi salah satu cara untuk menarik minat calon pelanggan agar melakukan pembelian. Contohnya membuat kalimat ‘beli sekarang’ atau ‘klik disini’. Dengan begitu, calon pelanggan bisa melakukan pembelian dengan mudah.
Menggunakan Background Putih
Saat kamu mengiklankan sesuatu usahakan latar belakang yang digunakan berwarna putih sebab warna ini bisa menarik perhatian calon pelanggan. Dengan menggunakan warna putih, calon pelanggan akan terfokus pada produk yang kamu iklankan dan dapat meningkatkan pembelian. Sebaiknya kamu hindari background yang menggunakan banyak warna.
Menggunakan Fitur Lookalike Audience
Menggunakan fitur Lookalike Audience juga dapat mengoptimalkan iklan di FB serta memberikan keuntungan bagi para pebisnis. Melalui fitur ini kamu bisa mendapatkan target audiens yang baru namun karakter yang dimiliki sama seperti audiens yang lama.
Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan iklan FB. Kamu bisa ikuti langkah-langkah diatas agar iklan yang kamu pasang bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Semoga artikel ini dapat membantu!