Mana yang Lebih Menguntungkan, Google Ads atau Facebook Ads?

Pada dunia advertising, tentunya tidak asing dengan Google dan Facebook Ads. Karena keduanya sering kali dipergunakan oleh orang-orang yang ingin memasang iklan yang mempromosikan bisnis mereka secara online.

Digital platform tersebut merupakan sebuah paid marketing populer dan memang dipergunakan hampir oleh semua perusahaan dengan skala yang besar di dunia bisnis atau dagang. Karena dianggap memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri untuk mendatangkan pelanggan baru serta prospek penjualan menjadi meningkat.

Lalu, sebenarnya di antara Facebook Ads dan Google Ads ini mana yang paling menguntungkan dalam segala aspek? Sebelum melangkah ke point tersebut, mari kenali dulu yang dimaksud dengan Facebook Ads dan Google Ads.

Mengenal dan memahami Facebook Ads dan Google Ads

1. Google Ads

Google Ads atau Google Adwords adalah sebuah platform PPC Advertising terbesar dengan jumlah pemakai yang akan terus bertambah. Para pengguna menyebut platform ini dengan paid search atau pencarian berbayar.

Paid search ini berfokus pada penargetan keywords atau kata kunci dan penggunaan iklan yang berbasis teks. Dengan demikian, para penggunanya memiliki harapan jika iklan milik mereka juga akan bisa muncul ketika ada yang menggunakan kata kunci tertentu.

Sistem berbayarnya, yakni apabila ada pengguna yang menekan pada bagian iklan atau disebut dengan pay per click, dari situlah budget iklan bisa terbayar. Biasanya salah satu sosial media seperti Facebooklah yang dimanfaatkan untuk pemasangan iklan berbayar ini.

Jadi, keunggulan Facebook Ads yakni Anda bisa mengetahui perilaku dari para penggunanya dengan cara mengidentifikasi tingkah laku (behavior) dari setiap user yang memiliki akun Facebook, karena memang FB merupakan medsos terbesar yang hingga saat ini masih mempunyai jumlah pengguna terbesar.

2. Facebook Ads

Kemudian, Facebook Ads adalah contoh utama paid social, yaitu platform yang memang dikhususkan untuk beriklan dan bergerak di social network. Anda harus tahu bila Facebook adalah salah satu dari sekian banyak platform medsos yang penggunanya sangat aktif.

Dengan begitu, platform ini menjadi kompetitif dan mempunyai potensi yang menguntungkan bagi bisnis digital. 

Persamaan antara Facebook Ads dan Google Ads

Pada umumnya kedua platform ini memiliki kesamaan, yaitu dapat membantu para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya secara online. Serta sudah pasti hal tersebut akan membawa keuntungan serta kemudahan bagi mereka dalam menjaring konsumen.

Karena itu Facebook Ads dan Google Ads selalu digunakan ke dalam perencanaan digital marketing untuk menentukan target market pada bisnis atau usaha yang sedang Anda jalani.

Perbedaan Facebook Ads dan Google Ads

1. Google Ads akan membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan dengan memanfaatkan key word. Sedangkan Facebook Ads, membantu Anda untuk memperoleh konsumen baru berdasarkan minat serta perilaku.

2. Penawaran iklan yang ada di Google Ads dibagi menjadi 2 (dua), yaitu :

  • Display network, memberikan penawaran kepada Anda lebih banyak menggunakan iklan berbentuk visual, misalnya banner.
  • Search network, mencakup kepada semua Google dan digunakan untuk mesin pencari.

3. Dengan Google Ads, Anda bisa memanfaatkan keuntungan dan kekuatannya. Seperti memperoleh banyak format iklan, Anda juga dapat mengetahui bagaimana level bisnis sekaligus mendapatkan pengalaman strategi yang lebih baik.

4. Facebook Ads, lebih kepada kompetitor baru dan masih dalam tahap penyempurnaan serta meningkatkan cara pengiklanannya dalam beberapa waktu terakhir ini.

5. Dengan memakai Facebook Ads untuk bisnis, Anda bisa mendapatkan kekuatan dan keuntungan dalam pengembangan bisnis saat menggunakan Paid Social.

6. Dengan Facebook Ads, Anda juga bisa menentukan anggaran sesuai kemampuan. Bahkan Anda dapat mengatur waktu penayangannya serta membatasi anggaran iklan untuk tiap harinya.

Mana yang memiliki keuntungan bagi bisnis, Facebook Ads atau Google Ads?

Baik Facebook Ads atau Google Ads, keduanya mempunyai keunggulan masing-masing yang pastinya luar biasa di dunia advertising. Karena kedua platform ini melayani setiap kebutuhan bisnis Anda, kemudian bila digunakan secara bersamaan tentu akan dapat menutupi kekurangan dari tiap platform.

Sehingga, kedua platform ini memang akan lebih baik dan menjadi lebih optimal hasilnya ketika digunakan bersama. Faktor utama untuk penggunaanya tentu dengan menyusun strategi marketing sesuai dengan bisnis yang Anda jalani.

Karena pada awalnya, Google Adwords hanya memunculkan iklan pada mesin pencari saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, platform Google Ads semakin luas jangkauannya ke situs-situs lain yang menjadi partnernya.

Facebook Ads sendiri merupakan platform iklan milik Facebook yang memiliki jangkauan pengguna luas, sehingga akan menguntungkan penggunanya dalam menjalankan bisnis mereka agar bisa menjaring banyak konsumen.

Apabila Anda memiliki tujuan untuk mempromosikan brand awareness, ada baiknya menggunakan Facebook Ads. Namun, jika ingin meningkatkan penjualan maka pergunakanlah Google Ads. Intinya, baik Facebook Ads maupun Google Ads, keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Apapun yang Anda pilih, ada baiknya untuk melakukan riset dulu. Karena Anda bisa saja tidak memperoleh performa sama dari kedua platform iklan tersebut.