Digital marketing atau dengan sebutan lain yang juga familiar yakni internet marketing adalah suatu teknik pemasaran terbilang modern atau sedang ramai dilakukan orang di era saat ini. Hal ini merupakan sebuah proses dalam memasarkan suatu jasa atau produk yang seutuhnya mengandalkan kecanggihan internet atau melalui media online.
Teknik promosi lewat digital seperti ini cuma sebatas proses penjualannya saja, akan tetapi mencangkup ke proses branding serta membangun koneksi kepada target konsumen. Walaupun menggunakan metode promosi konvensional masih memberi hasil yang optimal, tapi tidak ada masalah jika kamu ingin mencoba melakukan promosi digital. Karena dengan menerapkan promosi digital, tentu bisa yang kamu miliki akan mendapatkan beberapa manfaat. Simak penjelasannya dibawah ini.
1. Media sosial atau media digital sangat digemari saat ini
Fakta dilapangan membuktikan bahwa para konsumen sering menelusuri website dan Instagram sebab hal tersebut lebih praktis dan mudah. Sebelum mereka memutuskan untuk memilih suatu produk atau jasa, para konsumen dapat mengecek produk di media digital yang ada terlebih dahulu, setelah itu baru mereka membelinya, entah melewati belanja online atau langsung datang ke toko.
Biasanya toko yang belum menyertakan fitur online bakal kalah dengan para pemilik toko yang telah menyertakan katalog online pada website atau media digital mereka. Katalog bisnis yang ditampilkan pada website, tentu dapat membantu para konsumen untuk mengetahui jenis-jenis produk yang ada tanpa harus pergi ke tokonya langsung. Apabila mereka tertarik, mungkin di waktu weekend atau di waktu senggang mereka akan mampir ke toko untuk membelinya secara langsung.
2. Dapat memberi kemudahan kepada konsumen terkait informasi
Suatu ketika saya kebetulan sedang mencari toko yang menjual alat-alat kamera dan dekat dengan oleh rumah saya, serta mengecek dan ingin mengetahui apakah jenis kamera yang sedang saya cari tersedia di toko tersebut atau tidak.
Cara yang saya lakukan adalah menelusurinya melalui internet dengan memasukan alamat terdekat dari lokasi tempat tinggal, lalu melihat kesediaan produknya di website setelah itu saya langsung datang untuk melihat langsung serta membelinya. Contoh kondisi seperti dapat dijadikan sebagai bukti bahwa media digital begitu bermanfaat bagi banyak orang karena menjadi sumber informasi tentang kebutuhan yang ingin mereka dapatkan.
3. Memberi waktu lebih banyak bagi konsumen
Cukup sering dirasakan bagi para konsumen yang susah mendapatkan waktu yang pas untuk bisa datang langsung ke toko, outlet atau butik yang dituju. Namun dengan memiliki media digital atau media online seperti e-commerce, website, sosial media atau marketplace para konsumen merasa dimudahkan karena dapat melihat kesedian produk yang mereka inginkan tanpa harus datang langsung.
Melengkapi seluruh media digital dengan produk atau jasa yang ditawarkan supaya memberi mereka banyak pilihan. Artinya para konsumen diberikan keleluasaan untuk melihat-lihat dan memilih produk yang kamu tawarkan tanpa adanya batasan waktu tertentu.
4. Toko terlihat aktif 24 jam di media digital
Kecanggihan teknologi menghadirkan media digital yang tidak terbatas oleh tempat dan waktu. Konsumen atau calon pelanggan akan selalu bisa menelusuri atau mengakses informasi lewat media digital yang tersedia agar bisa mencari produk yang mereka mau dan kapan pun mereka inginkan.
Para konsumen tentunya dapat kapan saja untuk mengunjungi media digital kamu entah itu Instagram, marketplace, website atau sejenisnya. Aktivitas ini pastinya tidak akan bisa dipraktekkan oleh sebagian toko offline pada umumnya ketika di malam hari rata-rata toko sudah tidak memberi pelayanan apapun.
5. Konsumen tidak terbatas oleh jarak
Kamu bisa bayangkan apabila toko kamu berada di Bandung namun calon pembeli berada di Jakarta, pastinya mereka berpikir bila harus ke Bandung sebab perhitungannya ada di jarak selain itu kemungkinan terjadinya kemacetan di jalan dan lain sebagainya. Dengan tersedianya fitur di media digital membuat para konsumen dapat order produk dengan nyaman dari rumah atau kantor.
6. Banyak pilihan di media online
Kamu tidak perlu cemas untuk mengawali penggunaannya, sebab tidak mesti menggunakan layanan toko online karena harganya terbilang mahal, kamu dapat mencoba berbisnis melalui marketplace yang sedang ramai seperti Bukalapak, Tokopedia atau melalui salah satu sosial media seperti Instagram yang menjadi wadah banyak orang untuk menuangkan sesuatu.
Akan tetapi seperti tidak cukup dengan membuat, hampir seluruh bisnis seakan wajib memaksimalkan potensi media digital dengan metode yang umumnya dikenal dengan digital marketing.
7. Biaya Digital Marketing terbilang murah
Pengusaha membutuhkan yang namanya marketing bagi bisnis mereka dan salah satunya lewat media digital yang sudah di bawah sebelumnya. Apabila kamu sudah banyak memperoleh keuntungan lewat media digital, hal lain yang bisa kamu rasakan adalah biaya marketingnya relatif murah.
Jenis digital marketing sendiri bermacam-macam, mulai dari SEM, SEO, Endorse, Paid Promote, dan sosial Media Ads. Perlu diketahui biaya untuk iklannya lebih murah daripada memasang iklan di tv, majalah, Koran atau radio.