Pengertian dan Strategi Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah cara pemasaran sebuah produk memakai internet dan media digital. Adanya digital marketing ini bertujuan untuk menarik calon konsumen dengan cepat. Anda pastinya sudah tahu, jika saat ini internet dan teknologi telah meluas seluruh masyarakat sehingga tidak heran aktivitas pemasaran secara digital ini menjadi salah satu pilihan yang tepat digunakan oleh perusahaan. 

Dampaknya yaitu antar perusahaan menjadi berkompetisi untuk menciptakan konten yang menarik untuk dipasarkan di dunia maya supaya menarik minat konsumennya. Terdapat sejumlah contoh cara pemasaran yang ada di digital marketing yaitu Search Engine Optimization (SEO), iklan secara online seperti Google Ads dan Facebook Ads, iklan radio dan televisi, promosi media cetak, email marketing, billboard elektronik, mobile marketing, dan lainnya. 

Jika ingin membangun usaha di bidang online, ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu jenis-jenis dan kelebihan yang ada di digital marketing berikut ini. 

Jenis Digital Marketing 

  1. Search Engine Marketing 

Usaha untuk membuat website dari perusahaan Anda mudah untuk ditemukan oleh para calon konsumen di mesin pencari. Perlu diketahui jika Search Engine Marketing terbagi menjadi dua bagian yaitu Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). 

Untuk SEO ini membutuhkan waktu yang cukup lama, namun memiliki keunggulan sendiri yaitu murah. Sedangkan SEM lebih cepat tetapi berbayar. 

  1. Website 

Yang berperan sangat penting untuk hal ini yaitu website, karena akan menunjukkan profesionalisme dari perusahaan itu sendiri dan juga lebih mudah untuk membantu konsumen mengenal dan mengetahui bisnis Anda. Menjadi media bisnis yang mudah dan juga promosi yang hemat, tak heran jika website banyak digunakan oleh banyak perusahaan. 

  1. Online Advertising 

Sebuah media promosi menggunakan internet dan berbayar. Dengan menggunakan cara ini Anda bisa lebih cepat untuk mendapatkan konsumen, meskipun jenis ini lebih mahal daripada jenis sebelumnya. 

  1. Social Media Marketing 

Sebarkan platform di seluruh media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok sebab bisa dilakukan dengan biaya yang murah bahkan gratis. Hal ini pastinya bisa meningkatkan brand dari perusahaan Anda. 

  1. Video Marketing 

Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa secara langsung menjelaskan mengenai bisnis Anda, cara menggunakannya, menjelaskan produk atau jasa serta menampilkan testimoni dari para pelanggan. 

Keuntungan menggunakan Digital Marketing

Sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan digital marketing ini, jadi terbukti sekali jika digital marketing mempunyai keuntungan yang bisa diperoleh. Berikut ini keuntungan dari digital marketing. 

  1. Kemudahan Evaluasi 

Adanya media online ini membuat kegiatan dan hasil pemasaran bisa langsung diketahui seperti banyaknya orang yang melihat produk Anda, lamanya produk Anda ditonton oleh calon konsumen dan presentasi konversi penjualan dari produk yang diiklankan. 

  1. Penyebaran yang Cepat 

Cara pemasaran menggunakan media digital ini bisa dilakukan dengan cepat sekali, hanya dalam hitungan detik saja. DM pun bisa diukur secara realtime dan akurat. 

  1. Jangkauan Lebih Luas 

Keuntungan selanjutnya adalah jangkauan geografis secara luas. Anda bisa menyebarkan produk ke semua dunia maya hanya dengan beberapa langkah yang mudah saja. 

 

Setelah mengetahui jenis dan keunggulan dari digital marketing, selanjutnya Anda harus mempelajari strategi digital marketing untuk bisa memperluas produk dan brand dari perusahaan Anda. 

Kuasai Strategi Digital Marketing

  1. Content Marketing

Perencanaan, pembuatan, dan membagikan konten mengenai perusahaan. Hal ini dilakukan agar menarik minat pembaca dan memotivasi mereka untuk membeli produk Anda. Konten ini bisa dibuat dalam bentuk artikel, media sosial, blog, e-book, dan brosur online. 

  1. Search Engine Optimization (SEO) 

SEO merupakan usaha untuk mengoptimasi situs supaya memperoleh peringkat paling atas di hasil pencarian. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana sistem dari mesin pencari. Media yang bisa digunakan adalah blog dan website. 

  1. Pay per Klik (PPC) 

PPC menjadi salah satu strategi untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran di setiap kliknya. Misalnya seperti Google Ads, Facebook Ads, dan pesan sponsor LinkedIn. Anda harus bayar terlebih dahulu lalu bisa mendapatkan slot paling atas di mesin pencarian Google dan di setiap kliknya akan dikenakan biaya.  

  1. Otomatisasi Pemasaran 

Strategi yang satu ini adalah teknik otomatisasi tugas yang dilakukan secara berulang. Tugasnya seperti susunan konten yang akan diunggah dan laporan kampanye. Otomatisasi ini bisa dilakukan pada media digital seperti media sosial dan email. 

  1. Affiliate Marketing 

Affiliate merupakan saat Anda menjalin kerjasama dengan situs atau layanan orang lain untuk membuat komisi yang merujuk pengunjung atau pembaca ke bisnis Anda. Misalnya hosting video ads di Youtube. 

  1. Native Advertising 

Berbentuk konten berbayar dan akan ditampilkan dalam bentuk yang mempunyai kesamaan dengan konten media dan juga penempatannya. Contohnya promoted post di Facebook, Instagram dan TikTok. 

 

Itulah pengertian dan strategi dalam digital marketing yang harus dikuasai untuk memperluas brand atau produk yang Anda miliki. Selamat mencoba!