Tips Menggunakan Facebook Live Streaming Untuk Meningkatkan Engagement Bisnis

facebook live streaming

Menaikkan engagement untuk bisnis merupakan hal yang penting dan selalu dilakukan oleh marketer dengan menggunakan berbagai cara, misalnya memanfaatkan sosial media seperti facebook. Beberapa tahun terakhir, hal tersebut sudah banyak dilakukan via facebook.

Terutama ketika facebook secara resmi meluncurkan fitur baru mereka, yakni facebook live streaming di tahun 2016. Dengan hadirnya fitur tersebut, cukup mendapatkan respon yang positif bahkan dianggap efektif dalam mencapai target.

Apa itu facebook live streaming

Facebook live streaming adalah sebuah fitur milik facebook yang bisa dipergunakan oleh user untuk melakukan siaran langsung melalui smartphone ataupun laptop selama didukung dengan kualitas jaringan internet yang stabil.

Bagi seorang marketer tentunya hal tersebut sangatlah membantu guna membangun sebuah hubungan bisnis dengan pelanggannya secara langsung, sehingga dapat memperkenalkan produk atau jasa yang dimilikinya secara maksimal dan bisa meraih target dengan cepat.

Cara menggunakan fitur live streaming facebook

Namun, kenyataanya masih banyak yang belum bisa memanfaat fitur live streaming ini dengan maksimal. Padahal bila Anda adalah seorang pebisnis, teknologi siaran langsung milik facebook tersebut sangatlah efektif.

Cara penggunaan live streaming facebook juga terbilang mudah, Anda hanya harus memastikan bila jaringan internet pada tempat akan dilakukannya siaran langsung stabil. Karena jika tidak, bisa menghambat proses siaran.

  • Klik siaran langsung

Silahkan membuka aplikasi facebook, boleh melalui smartphone atau laptop. Klik ‘Siaran Langsung’ pada beranda facebook Anda, kemudian berilah izin untuk mengakses audio dan video supaya dapat menggunakan fitur live streaming.

  • Memilih audiens

Kemudian Anda akan diminta untuk memilih audiens, mereka adalah orang-orang yang nantinya akan menonton video siaran langsung. Anda bisa men-setting siapa saja yang dapat menonton video tersebut, misal hanya friendlist ataupun publik.

Jika hanya friendlist, berarti cuma mereka yang berteman dengan Anda di facebook. Namun, bila publik artinya semua pengguna facebook, termasuk yang tidak memiliki pertemanan dengan Anda dapat menonton acara live streaming yang berlangsung.

Cara untuk memilih audiens cukup mudah, Anda hanya tinggal klik ‘TO’ kemudian dilanjutkan memilih penonton yang Anda inginkan.

  • Tulislah deskripsi

Deskripsi merupakan poin penting untuk kegiatan live streaming bagi bisnis yang Anda geluti dan nantinya menentukan kesuksesan Anda. Jadi, buatlah deskripsi yang tepat serta unik agar banyak orang tertarik menonton live streaming Anda.

Pastikan jika Anda menggunakan metode copywriting ketika akan membuat deskripsi, hal ini dibutuhkan agar dapat menarik serta mendatangkan banyak penonton dengan begitu live streaming Anda bisa menjadi sukses.

  • Tambahkan tag untuk lokasi, filter dan orang

Jangan lupa menyertakan tag atau menandai orang-orang yang bergabung pada live streaming. Anda juga dapat menambahkan lokasi serta agar lebih menarik gunakan pula fitur filter.

  • Klik start untuk memulai live

Bila seluruh langkah di atas telah dilakukan, maka silahkan memulai siaran langsung klik ‘Start Live Video’ kemudian Anda bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu dilanjutkan perkenalan produk atau jasa yang dimiliki.

Anda bisa meminta penonton mengetikan pertanyaan pada kolom komentar dan pastikan Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik juga lancar. Jika sudah selesai, Anda dapat mendownload kemudian mengunggahnya kembali pada beranda facebook.

Tips menggunakan fitur live streaming facebook

Penting bagi Anda untuk dapat melakukan siaran langsung di facebook dengan benar, supaya tujuan Anda agar bisa meningkatkan engagement pada bisnis secara maksimal. Silahkan, simak beberapa tips berikut ini bila Anda ingin memulai live streaming facebook :

  • Rencanakan sebaik mungkin

Buatlah terlebih dahulu sebuah rencana agar live streaming berjalan dengan lancar. Anda harus menentukan apa yang akan dibahas, cara memulai juga mengakhiri siaran langsung. Tidak ada salahnya, Anda membuka sesi tanya jawab atau membuat giveaway.

  • Cek jaringan internet

Selalu pastikan jika koneksi internet di area Anda stabil. Namun, bila tidak Anda dapat mencari lokasi yang memiliki jaringan internet lancar. Misal cafe yang menyediakan fasilitas WiFi.

  • Perkenalkan diri

Ini merupakan hal yang wajib Anda lakukan, yaitu perkenalan. Ambillah waktu sekitar 2 menit untuk memperkenalkan diri Anda kepada audiens. Setelahnya, mungkin Anda bisa menjelaskan tujuan diadakannya live streaming.

  • Santai saja

Walau Anda baru pertama kali melakukan live streaming, bersikaplah tenang dan anggap saja bila Anda akan melakukan video call bersama teman-teman. Dengan berpikiran seperti ini, maka acara live akan jauh lebih nyaman.

Karena bila Anda tegang, kaku dan terlihat tidak nyaman, bisa saja audiens yang sedang menonton live streaming Anda memilih untuk menutup siaran dan lihat yang lainnya.

  • Mengajak penonton membagikan video

Anda juga bisa mengajak penonton untuk share video pada beranda mereka masing-masing. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan audiens lebih banyak, dengan begitu peluang untuk meraih hasil yang maksimal akan terbuka.

Itulah tadi cara menggunakan serta tips bagi Anda yang ingin memanfaatkan live streaming facebook untuk meningkatkan engagement bisnis dan menjaring banyak pelanggan. Ingat untuk melakukan siaran langsung dengan nyaman, bila perlu sebelum acara dimulai Anda berlatih di depan cermin agar lebih luwes.