Cara Mengukur Engagement Social Media

Media sosial sekarang ini menjadi platform sangat menjanjikan untuk menghadirkan produk ke khalayak umum. Keterlibatan mudah bagi banyak orang yang senang menghabiskan saat senggang mereka di media sosial. Namun, masalahnya adalah seiring bertambahnya jumlah pengguna media sosial, begitu pula persaingan untuk keterlibatan yang berarti. Oleh karena itu, diperlukan konten yang bisa menarik perhatian masyarakat secara lebih efektif. Karena itu, Anda perlu mempelajari engagement untuk mengukur efektivitas social media yang Anda kelola. Artikel ini memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk berpartisipasi di media sosial.  

Penjelasan mengenai Engagement social media

Engagement Rate (ER) merupakan tingkat keterlibatan, interaksi, keintiman, serta pengaruh yang hanya dimiliki oleh audiens Anda dengan merek Anda di social media. Jumlah pengikut dan suka halaman tidak selalu mewakili ER yang tinggi. Poin terpenting adalah jumlah dan frekuensi yang diasosiasikan orang  pada sebuah merek. Jika Anda tahu apa itu ER social media, Anda dapat mencapai manfaat berikut: 

  1. Jalin komunikasi tanpa perantara dengan audiens Anda. Tidak seperti media massa tradisional, media sosial memiliki kemungkinan yang besar untuk audiens Anda berinteraksi secara langsung dengan merek Anda dan audiens lainnya. 
  2. Terima umpan balik untuk meningkatkan strategi komunikasi Anda. Umpan balik memungkinkan Anda mengukur korelasi konten Anda dengan kebutuhan pemirsa dan menggunakan informasi tersebut  dalam rangka untuk memperluas strategi komunikasi bisnis merek Anda. 
  3. Membangun kesadaran merek dan loyalitas merek. ER yang baik meningkatkan merek Anda menjangkau audiens yang lebih besar, meningkatkan kesadaran merek, dan bahkan meningkatkan loyalitas pengguna.

Jenis keterlibatan media sosial 

Ada tiga jenis interaksi yang terkait dengan keterlibatan media sosial. Berikut adalah rangkuman singkat yang dapat memudahkan Anda untuk memahami: 

1. Percakapan Pertama 

Percakapan yang timbul setelah  konten diunggah termasuk  dalam interaksi. Ini biasanya dilakukan di room komentar atau pesan langsung (DM). 

2. Amplifikasi

Engagement juga mencakup berbagi atau mendistribusikan konten lewat Instagram Stories dan media sosial lainnya. reaksi ke 

3. Reaksi

Tanggapan terhadap konten yang diunggah dianggap untuk keterlibatan, baik dalam bentuk suka maupun tanggapan emoji.

Bagaimana Anda mengukur ER? 

Indikator yang umum digunakan untuk mengukur ER termasuk suka, komentar, dan bagikan. Metrik ini dapat bervariasi tergantung pada saluran yang digunakan. Contohnya, dalam mengukur ER Instagram, pertimbangkan metrik Disimpan dan Tambahkan ke Cerita. Berikut ini adalah lima cara atau metode yang dapat kamu gunakan dalam mengukur ER media sosial Anda: 

1. ER Reach (ERR) 

Perhitungan berbasis jangkauan dapat lebih akurat daripada perhitungan berbasis pengikut sebab tidak semua pengikut menonton konten yang diposting di media sosial. Namun, Anda juga dapat menghubungi pengguna selain pengikut yang menonton konten tersebut. Kemudian nomor jangkauan dapat berubah, yang mempengaruhi jumlah ERR pos yang dihitung. Berikut ini merupakan persamaan yang dapat digunakan dalam mengukur ERR. 

ER = Total Keterlibatan Per Posting / Jangkauan Per Posting x100 

2. ER Posting 

Jika jangkauan posting media sosial Anda berfluktuasi, Anda dapat menggunakan perhitungan berbasis posting. Membagi dengan jumlah pengikut akan membuat jumlah ER  lebih stabil. Tapi, untuk postingan viral jangkauan tinggi, perhitungan ini tidak memengaruhi jumlah UGD. Ini karena dalam rumus ini, engagement dibagi dengan jumlah followers, bukan reach. Di bawah ini adalah persamaan yang dapat Anda gunakan untuk mengukur pos ER. 

ER = Total Keterlibatan Postingan / Jumlah Total Pengikut x100 

3. ER Tayangan 

Cara ini berguna untuk kampanye yang perlu dihitung berdasarkan impresi, yaitu seberapa sering atau banyaknya konten yang Anda buat di social media muncul pada layar, tidak dilihat melalui jumlah orang yang melihat atau menonton konten tersebut.. Seperti halnya jangkauan, jumlah tayangan dapat berubah. Di bawah ini adalah rumus yang dapat Anda gunakan untuk mengukur tayangan ER Anda. 

ER = Total Interaksi dengan Postingan / Total Tayangan x100 

 4. ER Harian 

Dengan perhitungan ini, Anda bisa membuat gambaran ER per hari maupun per posting. Namun, metode ini tidak terlalu spesifik karena  sulit untuk membedakan antara satu pengikut yang terlibat berulang kali dan banyak pengikut yang terlibat hanya sekali dalam sehari. Di bawah ini adalah persamaan yang dapat Anda gunakan untuk mengukur  ER harian Anda. 

ER = jumlah total keterlibatan / pengikut per hari x100 

5. ER tampilan 

Penghitungan berbasis penayangan ini cocok saat merek membuat video sebagai media atau konten utama untuk mendorong keterlibatan. Ingatlah bahwa tampilan tidak sama dengan tampilan unik. Dengan kata lain, 1.000 tampilan dapat berasal dari 300 pengguna yang telah melihat berkali-kali, daripada 1.000 pengguna berbeda yang telah melihat satu kali. Rumus yang dapat digunakan dalam mengukur tampilan ER adalah: 

ER = Total Keterlibatan Postingan Video / Total Tampilan Video x100