Memahami dan mengetahui teknik untuk menganalisa serta mengembangkan hal berupa data online tentu sangat vital sebagai efektivitas suatu website.Keahlian seperti ini sangat dibutuhkan apalagi untuk kamu yang berprofesi sebagai blogger, marketer, atau mempunyai bisnis serta memanfaatkan iklan lewat online.
Click Through Rate atau yang bisa disebut dengan CTR, adalah satu satu bagian penting untuk menunjang keberhasilan blog dan website yang kamu miliki. Apabila kamu memiliki iklan di dalam blog yang kamu gunakan untuk keperluan komersial. Kehadiran CTR merujuk ke total klik iklan yang ada lalu dibagi dengan total iklan yang juga dilihat oleh para pengunjung blog kamu atau lebih biasa disebut dengan istilah impression.
Dengan persetujuan dari pihak yang memasang iklan untuk membayar uang dengan besaran tertentu ke orang yang mempunyai blog bila iklan diklik, dengan ini akan secara otomatis meningkatkan persentase pada CTR dan turut menambahkan uang yang dapat kamu peroleh dari semua iklan yang ada.
Oleh sebab itu, kamu harus bisa mempengaruhi banyak pengguna atau user agar mau mengunjungi blog atau website kamu, sehingga peluang untuk memperoleh klik pun menjadi semakin besar. Nah, dibawah ini ada beberapa tips supaya dapat menaikkan persentase CTR milik kamu, berikut penjelasannya.
1. Meningkatkan Konten
Tips pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa menaikkan CTR yakni dengan menaikkan jumlah user yang mengunjungi blog atau website kamu. Maka, kamu pun harus bisa menaikkan kualitas konten yang kamu buat.
Bangunlah blog yang dimiliki menjadi sebuah situs yang bagus dan menarik serta memberi manfaat untuk banyak orang. Lakukan update blog terus menerus, menulis konten yang lebih relevan terhadap user blog, serta pakailah kata kunci yang biasa digunakan oleh target pelanggan yang kamu incar. Setelah itu jangan lupa untuk menyusun format blog yang mudah dibaca.
2. Menggunakan List di Dalam Artikel Kamu
Tentunya sudah menjadi hal yang sangat umum dilakukan oleh orang yang menyukai daftar untuk sebuah artikel yang akan mereka baca. Daftar ini seperti “5 cara merawat kucing agar menjadi jinak” atau “10 cara memasak ayam dengan menggunakan minyak goreng”, contoh daftar seperti inilah yang sangat disukai oleh orang-orang karena lebih simple dan tidak membosankan.
Umumnya artikel yang dikemas dalam bentuk daftar ini memang lebih pas jika topic yang dipakai berhubungan dengan kebiasaan, karir atau pop culture. Konten dengan menggunakan metode daftar ini memiliki istilah yaitu listicles.
Kamu bisa memulai untuk memikirkan konten listicles seperti apa yang cocok kamu buat dan tentunya berhubungan oleh bisnis serta niche kamu. Mungkin kamu bisa menawarkan artikel mengenai 5 servis atau produk yang kamu berikan atau bisa juga 10 keuntungan yang didapat ketika menggunakan jasa kamu.
3. Menggunakan Gambar yang Menarik
Apabila kamu memasang sebuah iklan dengan menggunakan foto atau gambar, kamu harus memastikan telah menggunakan gambar yang bagus dan menarik sehingga persentase CTR kamu bisa meningkatkan. Sebuah gambar yang memiliki konsep cenderung mengundang tawa serta membuat penasaran akan lebih menarik perhatian pengguna, yang membuat iklan tersebut bisa diklik.
4. Menggunakan Kalimat Seperlunya
Dari sisi warna dan grafis bisa menarik banyak perhatian dan membuat jumlah impression menjadi lebih tinggi. Akan tetapi kedua hal ini bukan menjadi faktor satu-satunya yang bisa menentukan peningkatan CTR. Kondisi ini disebabkan oleh iklan banner biasanya selalu mendesain menggunakan warna yang lebih mencolok serta grafisnya yang memenuhi bagian banner.
Maka dari itu, kamu harus menyesuaikan iklan banner milik kamu dengan grafis, teks dan warna, agar tidak terkesan memaksa dan saling tindih antar tulisan dan warnanya. Umumnya iklan yang berupa informasi mengenai jasa atau produk yang ditawarkan lebih banyak mendapatkan klik daripada iklan yang berupa gambar saja.
5. Konten Tetap Relevan
Kamu wajib memastikan semua konten di dalam blog susah sesuai dengan yang ada di iklan. Apabila di dalam blog membahas mengenai sepeda motor, maka iklan yang kamu edarkan juga tentang sepeda motor. Agar lebih akurat, kamu dapat melakukan sebuah survey agar bisa memperoleh data statis mengenai demografi dari audiens kamu. Setelah itu, kamu bisa memilih bentuk iklan yang benar-benar menyesuaikan wajah dari blog milik kamu.
6. Membagikan Freebies
Apabila kamu adalah seorang pebisnis kecil dan mencoba untuk bisa meraih trafik lebih tinggi dari iklan produk kamu, mak dengan membagikan freebies serta discount di dalam iklan adalah langkah yang sangat efektif agar bisa menarik banyak pengunjung yang akan mengklik iklan kamu.
Bentuk iklan tulisan penawaran seperti “raih harga gratis hanya untuk minggu ini” atau bisa juga “dapatkan potongan harga sebesar 70% hanya untuk hari ini” kemasan iklan seperti ini umumnya jauh lebih menarik perhatian calon user sehingga peluang untuk meningkatkan CTR sangat besar. Biasanya freebies sendiri lebih efektif daripada menawarkan potongan harga.