Mengenal apa itu SEM dan apa saja manfaatnya dalam digital marketing

Search Engine Marketing (SEM)

Bagi Anda yang terjun ke dalam dunia digital marketing tentu sudah sangat familiar dengan istilah SEM ( Search Engine Marketing ). Tentu bagi pemula yang baru saja terjun ke dunia tersebut mungkin istilah SEM masih terdengar asing. Maka dari itu pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan apa itu SEM dan apa saja manfaatnya dalam dunia digital marketing.

Apa itu SEM ?

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing atau lebih gampangnya SEM merupakan salah satu strategi pemasaran melalui internet. dengan memanfaatkan tools yang ada pada internet Anda bisa menaruh iklan bisnis Anda baik pada sebuah halaman website atau pada mesin pencarian teratas.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa SEM merupakan salah satu metode untuk mengiklankan produk atau jasa yang Anda miliki di internet. Untuk memasang sebuah iklan di internet ataupun Google biasanya Anda akan dikenakan biaya. Namun Google memiliki sistem PPC atau Pay Per Click dimana Anda hanya perlu membayar apabila ada seseorang yang mengklik atau membuka iklan Anda.

Ada beberapa metode pengiklanan atau marketing yang akan Anda temukan dalam dunia digital marketing seperti SEO ( Search Engine Optimization ), SMM ( Social Media Marketing ) dan lain sebagainya. Namun kita tidak akan membahas hal tersebut karena kita akan berfokus pada pembahasan SEM dan manfaatnya.

Apa saja manfaat SEM dalam pemasaran produk di internet ?

Jika Anda sudah paham apa itu SEM, kita akan lanjut membahas apa saja manfaat dari SEM ( Search Engine Marketing ) dalam dunia digital marketing. Tentu ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memanfaatkan tools digital marketing ini yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dan juga dalam proses pengawasannya. Berikut manfaat SEM dalam dunia digital marketing

  • Mencapai target yang diinginkan

Tentu dalam berbisnis, marketing sangat perlu dilakukan sebab dengan marketing yang bagus akan membuat produk atau jasa yang Anda miliki laris di pasaran dimana hal tersebut juga akan berdampak pada goals atau tujuan yang hendak Anda capai. Dengan memanfaatkan tools marketing seperti ini Anda dapat mendapatkan keuntungan serta mudah dalam mencapai target atau goals yang Anda inginkan.

  • Menjangkau lebih banyak konsumen

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dengan kemajuan teknologi dan serba digital saat ini membuat sistem marketing lebih efektif dan efisien tanpa mengeluarkan modal yang banyak. Apalagi dalam menjalankan bisnis tentu keberadaan konsumen sangat penting. Maka dari itu dengan memanfaatkan tools marketing digital seperti SEM, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen dari seluruh negeri.

  • Memudahkan dalam pengawasan dan kontrol bisnis Anda

Selain berguna sebagai media pemasaran atau marketing digital, SEM ini juga dapat membantu Anda dalam hal pengawasan dan kontrol penuh baik itu dari biaya, pengiklanan, timeline dan hal lainnya dari produk atau website yang Anda iklankan di internet.

  • Dapat digunakan dengan budget yang tidak banyak

Salah satu faktor penting dalam berbisnis ataupun menjalankan sebuah usaha adalah marketing atau pemasaran. Bisnis atau usaha yang sukses akan terlihat dari marketingnya yang bagus. Tentu dalam beberapa kasus biaya marketing sering membengkak dan tidak sesuai dengan pemasukan yang ada. 

Maka dari itu SEM merupakan solusi yang tepat membantu Anda dalam melakukan marketing. Walaupun tetap menggunakan biaya, namun manfaat yang didapat tentunya lebih besar dan lebih mudah mendapatkan keuntungan serta goals yang ingin Anda atau perusahaan Anda tuju.

  • Bisa membantu Anda dalam menghasilkan traffic web yang konsisten dan mencapai konsumen dengan tepat¬†

Maksudnya adalah setiap pelaku bisnis online atau dalam dunia digital tentunya sangat ingin memiliki traffic web yang padat atau banyak serta konsisten. Dengan traffic yang banyak Anda pun bisa memperkirakan, merencanakan serta mengatur anggaran dalam mengiklankan produk atau jasa Anda.

Dengan begitu Anda bisa menarik lebih banyak konsumen untuk berkunjung ke website Anda dan melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan memanfaatkan tools ini Anda juga bisa lebih tepat dalam menyasar konsumen sesuai dengan brand yang Anda tawarkan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk bisa berinteraksi secara intensif kepada konsumen atau user yang datang.

Kesimpulannya adalah, dengan memanfaatkan salah satu metode pemasaran digital seperti SEM ( Search Engine Marketing ini akan membantu Anda dalam hal pemasaran, perencanaan, pengawasan hingga evaluasi dari jasa atau produk yang Anda iklankan dan tawarkan. Tidak hanya itu Anda juga dapat merangkul lebih banyak konsumen ketimbang menggunakan cara yang konvensional. Semoga tulisan diatas mengenai SEM dan apa saja manfaatnya dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia digital marketing.