Di era serba teknologi dan digital saat ini membuat kita lebih mudah untuk mempromosikan suatu barang atau jasa melalui media digital. Bagi Anda yang terbiasa terjun ke dalam dunia digital marketing tentu sudah tidak asing dengan berbagai istilah seperti SEO, SEM, SMM dan lainnya. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas apa itu SMM ( Social Media Marketing ) yang biasa Anda temukan dalam menjalankan bisnis digital.
Apa itu Social Media Marketing ( SMM ) dalam Bisnis Digital ?
SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing. Sesuai dengan namanya, SMM memanfaatkan media sosial untuk digunakan sebagai media marketing atau pemasarannya. Ada berbagai contoh SMM yang kita jumpai dalam bentuk iklan berbayar di media sosial antara lain Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.
Tentu dalam penggunaan iklan tersebut Anda perlu membayar sejumlah uang agar iklan produk atau jasa Anda dapat ditampilkan di berbagai platform media tersebut. dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini proses pemasaran terasa lebih efektif dan juga efisien ketimbang Anda menggunakan strategi marketing konvensional.
Pemakaian SMM di saat ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis atau pengusaha berbasis online dalam memasarkan produk atau juga jasanya. Terutama di saat ini kita mengetahui di Indonesia sendiri hampir semua orang memiliki akun media sosial dan aktif menggunakannya. Dengan kondisi seperti itu banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online untuk menarik lebih banyak konsumennya.
Bagaimana Cara Menjalankan SMM dalam Digital Marketing ?
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pengguna media sosial khususnya di Indonesia saat ini sangatlah banyak. Bagi Anda yang ingin mengenalkan produk atau jasa di akun website Anda tentunya juga harus memiliki akun media sosial. Semakin populer Anda di media sosial maka traffic pengunjung website Anda akan semakin naik dimana hal tersebut akan sejalan dengan semakin dikenalnya produk atau jasa Anda.
Kita sama sama mengetahui ada banyak jenis sosial media yang rame digunakan oleh masyarakat kita seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Google plus dan lain sebagainya. Semakin banyak akun media sosial serta kepopuleran yang Anda miliki akan memudahkan seseorang untuk menemukan dan berkunjung ke website Anda.
Dari penilaian Google, kebanyakan orang atau masyarakat khususnya di indonesia mengetahui danĀ mengunjungi sebuah website melalui media sosial yang mereka pakai. Dengan memiliki berbagai media sosial yang memiliki pengguna yang cukup ramai akan memudahkan Anda dalam pemasaran, meskipun saingan dalam pengiklanan juga tidak sedikit.
Manfaat SMM Bagi Bisnis Anda
Berbicara tentang apa saja manfaat digital marketing atau social marketing tentu ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan terutama bagi Anda yang menjalankan usaha atau bisnis berbasis online. Maka dari itu kami akan menjelaskan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan SMM
-
Memiliki jangkauan pasar yang luas
Dibanding dengan pemasaran konvensional, pemasaran menggunakan media digital memiliki jangkauan pasar yang lebih besar. Apalagi saat ini ada banyak pengguna media sosial yang bahkan diantara mereka memiliki lebih dari satu akun. Dengan begitu Anda dapat lebih mudah menargetkan pasar dan menggandeng konsumen lebih banyak lagi.
-
Membuat pengunjung website Anda lebih meningkat
Dalam menjalankan bisnis digital, Anda wajib memiliki sebuah alamat website. Dalam bisnis online, web merupakan representasi bisnis Anda. semakin banyak traffic pengunjung website Anda akan meningkatkan peluang pendapatan Anda. dengan adanya media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, Twitter dan lainnya akan membuat orang lebih mudah menemukan dan mengunjungi situs website Anda.
-
Dapat mempermudah interaksi Anda dengan konsumen
Salah satu keuntungan dari media sosial yaitu memudahkan kita dalam berkomunikasi dan juga berinteraksi meskipun sedang berjauhan. Hal itu berlaku juga dalam menjalankan bisnis online, dengan media sosial pelaku usaha online lebih mudah menanggapi serta berinteraksi langsung dengan para konsumen.
-
Dapat mengenal konsumen
Semakin pesatnya kemajuan teknologi saat ini membuat kita bisa lebih mengenal dan dekat dengan pengguna lainnya. Dalam melakukan bisnis berbasis online hal ini dimanfaatkan untuk dapat mengenal lebih dekat konsumen seperti jenis kelamin, rentang usia, apa yang di sukai dan tidak disukai, dan hal lain sebagainya.
Hal ini bertujuan agar pelaku bisnis online bisa menargetkan lebih banyak konsumen secara spesifik. Seperti melakukan promosi atau branding kepada calon konsumen yang tepat. Dengan begitu kegiatan marketing dapat lebih efektif dan juga efisien tanpa mengeluarkan budget yang lebih banyak.
-
Adanya fitur feedback atau timbal balik
Hal ini biasanya dimanfaatkan konsumen untuk memberikan ulasan kembali baik atau buruk terhadap sebuah produk. Dengan begitu penjual juga dapat meningkatkan kualitas produk dan juga pelayanannya.