Di dalam merintis sebuah usaha pada dasarnya memang membutuhkan banyak sekali upaya supaya bisa bisnis tersebut semakin berkembang dan kamu mendapatkan keuntungan. Tentunya untuk bisa mewujudkan semua itu perlu dilakukan satu komunikasi yang baik dengan calon konsumen.
Dengan begitu tentunya kamu membutuhkan satu aplikasi yang bisa menunjang segala kegiatan tersebut seperti menggunakan WhatsApp API. Aplikasi yang satu ini dianggap menjadi solusi yang tepat guna berinteraksi dengan konsumen karena memang sangat mudah serta efisien.
Kunci dari suksesnya suatu bisnis adalah ketika konsumen merasa puas, sehingga kamu dalam menjalankan usaha sangat penting mempunyai fitur untuk berkomunikasi yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan untuk menanyakan perihal produk maupun jasa yang kamu tawarkan.
Pengertian
WhatsApp API adalah fitur resmi dari aplikasi WhatsApp yang didedikasikan untuk memfasilitasi komunikasi dengan pelanggan bisnis. API sendiri adalah singkatan dari Application Programming Interface, sebuah aplikasi yang memungkinkan developer untuk segera mengintegrasikan aplikasi lain.
Oleh karena itu, WhatsApp API juga dapat mengintegrasikan fungsionalitas sistem bisnis yang sudah ada, seperti customer service dan CRM (customer relationship management). Ini berbeda dari WhatsApp Business karena tidak mengizinkan modifikasi atau integrasi beberapa fitur canggih secara bersamaan.
Manfaat dari WhatsApp API
Lebih mudah melakukan update kepada konsumen
Dengan WhatsApp kamu dapat mengirim update perihal produk atau mengenai transaksi yang sudah dilakukan, misalnya mengkonfirmasi pesanan, waktu oder hingga produk yang dipesan apakah sudah sampai atau belum.
Begitupun setelahnya, contoh apakah ada kendala ketika melakukan pengiriman/ pada produk yang diorder oleh konsumen. Nantinya WhatsApp API ini bisa membantu kamu untuk mengelolanya. Konsumen akan memperoleh respon secara langsung supaya bisa ditangani secepatnya.
Dapat diintegrasikan antara admin dengan sistem sales
WhatsApp API memungkinkan usaha kamu guna mengintegrasikan admin dengan sistem CRM yang telah dimiliki sebelumnya. Dimana integrasi tersebut dengan WA Automation akan memberikan keunggulan tersendiri.
- Kelola layanan pelanggan dan operasi penjualan yang terintegrasi dengan WhatsApp.
- Secara otomatis mendeteksi nama pelanggan atau prospek baru dari WhatsApp dan menyimpannya langsung ke database CRM.
- Masukkan tiket, penawaran, atau pesanan secara otomatis dari percakapan WhatsApp dan simpan langsung ke WhatsApp CRM.
Mempermudah transaksi
WhatsApp API tentunya akan memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi, sebab memang aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pembayaran, contohnya dengan OVO, Go-Pay, bank dan lain sebagainya. Dengan begitu pelanggan hanya harus membayarkannya di dalam sistem WA. Cepat, mudah dan pastinya membuat konsumen mempunyai pengalaman yang lebih baik dan menyenangkan.
Bisa digunakan untuk beberapa admin hanya dengan satu nomor
Keunggulan yang dimiliki oleh WhatsApp API ini, yaitu hanya dengan 1 nomor saja tetapi bisa diakses oleh beberapa orang/ admin sekaligus. Dengan begitu, tentunya memberikan kemudahan bagi kamu dan tim melayani konsumen yang jumlahnya pasti banyak. Selain itu, dengan adanya WA API ini juga lebih mudah membuat pelanggan menjadi mudah menghubungi bisnis kamu.
Penghubung bagi para konsumen dan program loyalitas
Perusahaan retail kerap kali memiliki program yang dinamakan loyalitas bagi konsumen. Tetapi, terkadang pelanggan sering lupa bila ada program tersebut walau telah terdaftar sebagai member/ langganan, bahkan ada kalanya sulit bagi mereka untuk melacak berapa reward yang dimiliki.
Guna mengatasi hal tersebut kamu bisa memanfaatkan WhatsApp API ini untuk bisa memberikan informasi terkait dengan program loyalitas kepada para pelanggan dan mereka juga bisa secara langsung melakukan pengecekkan atas reward yang mereka miliki.
Fitur dari WhatsApp API
Tentunya WhatsApp API juga mempunyai beberapa fitur yang mampu mendukung kamu dalam menjalankan bisnis, diantaranya :
Otomatisasi WhatsApp
Fungsi dari otomatisasi, yaitu memiliki peran untuk mendownload dan menyimpan semua interaksimu dengan konsumen yang nantinya akan dijadikan satu dalam sistem guna diakses tip support saat melayani pelanggan.
Integrasi dengan sistem CRM
Fungsi ini adalah plugin yang terintegrasi dengan sistem CRM guna membantu bisnis berinteraksi serta membangun relasi dengan pelanggan. Cara kerjanya, yaitu mengelola semua info tentang konsumen yang berguna untuk membangun loyalitas pelanggan dan juga meningkatkan bisnis.
Laporan analitik
Fungsi pelaporan analitik menggabungkan semua interaksi pelanggan ke dalam satu dasbor. Laporan tersebut nantinya akan menunjukkan tren penjualan, pencapaian kerja tim serta data pelanggan yang digunakan oleh tim CS untuk memberikan layanan menjadi lebih baik.
WhatsApp Broadcast Message
Fungsi ini bertanggung jawab untuk mengirimkan chat ke jumlah pelanggan yang tidak terbatas secara bersamaan. Hal ini menghemat energi dan waktu tim layanan pelanggan dengan lebih efisien karena mereka dapat melayani banyak konsumen secara bersamaan.
Centang hijau
Dengan adanya centang hijau pada WhatsApp API, ini menandakan jika akun milik kamu tersebut memang dipergunakan untuk bisnis dan telah diverifikasi oleh pihak WhatsApp. Tanda centang ini nantinya mampu membantu kamu dalam meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas konsumen.