Perbandingan SEM dan SMM dalam digital marketing

sem vs smm

Istilah SEM dan SMM di kalangan pelaku bisnis online mungkin sudah tidak asing lagi. Bagi sebagian orang mungkin pernah mendengar istilah ini namun tidak tahu apa artinya. Bagi Anda yang ingin tahu apa itu SEM dan SMM dan apa saja perbedaannya, berikut akan kami ulas secara singkat mengenai kedua tools marketing digital tersebut.

1. SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, dimana tools ini merupakan salah satu dari beberapa layanan marketing digital. Cara kerjanya sendiri yaitu melakukan pemasaran dan promosi website agar dapat meningkatkan visibilitas atau membeli traffic pada mesin pencari seperti google. Tujuannya adalah agar website Anda ditampilkan pada halaman pertama pada mesin pencari.

2. SMM

SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing, dimana tools ini memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan atau mengiklankan website Anda. seperti yang kita ketahui media sosial menjadi salah satu faktor terbesar seseorang dapat menemukan dan mengunjungi suatu website. Dengan adanya media sosial seseorang akan lebih mudah untuk menemukan situs website Anda.

3. Kelebihan dan kekurangan SEM dalam digital marketing

Dari kedua tools marketing digital diatas tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Agar bisa memaksimalkan proses pemasaran produk atau jasa pada situs website, Anda bisa memilih menggunakan salah satunya sesuai kebutuhan Anda. berikut kita akan membahas perbandingan antara SEM ( Search Engine Marketing ) dengan SMM ( Social Media Marketing ).

4. Kelebihan SEM 

Ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan bila memanfaatkan tools media pemasaran SEM seperti lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen Anda. selain itu dengan mengatur waktu, bahasa, lokasi dan lainnya Anda bisa mencapai target yang diinginkan. SEM juga membantu meningkatkan traffic website Anda sebab, tools ini memungkinkan web Anda berada pada mesin pencarian teratas.

Jika dibandingkan SMM atau sosial media marketing, SEM memang membutuhkan biaya dalam proses pemasarannya. Namun dengan sistem PPC atau Pay Per Click membuat SEM mampu mengatur anggaran yang digunakan untuk pemasaran. Selain membantu dalam kegiatan promosi, tools ini juga membantu Anda ketika memonitoring traffic web serta membantu dalam mengevaluasi.

5. Kekurangan SEM

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangannya dalam penggunaan SEM tersebut. beberapa kekurangan dalam tools ini antara lain tingginya tingkat kompetisi antar pesaing. Agar iklan Anda berada pada urutan teratas, maka Anda perlu membayar biaya lebih besar. Selain itu membutuhkan lebih banyak waktu dalam meneliti kata kunci yang benar benar tepat. 

Iklan menggunakan SEM cenderung minim visual dimana kebanyakan orang saat ini lebih menyukai konten dengan tampilan video atau gambar. Tentu saja hal tersebut sedikit merugikan apalagi jika berhubungan dengan iklan, kebanyakan orang cenderung melewati atau menghindari konten tersebut. visibilitas iklan tidak bertahan lama pada baris atas pencarian. Dan jika Anda ingin lama, maka perlu biaya lebih dimana hal tersebut menjadi pemborosan biaya.

6. Kelebihan dan kekurangan SMM

Jika tadi kita sudah membahas kelebihan dan kekurangan SEM kali ini kita berpindah membahas kelebihan dan kekurangan pada pemasaran SMM. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh SMM mulai dari biaya pengoperasian yang terbilang gratis berbeda dengan SEM. Kemudian pengoperasiannya yang fleksibel serta tanpa limit waktu serta memiliki akses yang sangat luas.

Tentu menggunakan media sosial sebagai media promosi memiliki resiko atau kekurangannya sendiri seperti konsumen yang bebas dan tidak bertanggung jawab untuk pergi karena penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Kekurangan lainnya yaitu cacian dari konsumen akibat produk yang tidak sesuai lebih mudah diketahui oleh khalayak ramai sehingga dapat mengganggu reputasi produk dan perusahaan Anda.

Jika dibandingkan dengan SEM, penggunaan SMM lebih irit dalam masalah biaya operasional. Sedangkan dalam efektivitas, hal tersebut tergantung dari produk yang Anda tawarkan. Pada produk produk tertentu bisa jadi menggunakan media sosial bisa lebih baik karena seperti yang kita ketahui ada banyak pengguna media sosial di sekitar kita. Hal tersebut akan membantu Anda dalam hal promosi produk atau jasa.

Begitu juga dengan menggunakan metode SEM dimana Anda bisa dengan mudah memasarkan produk tertentu sekaligus monitoring dan mengevaluasi kinerja pemasaran tersebut. Sebab dalam penggunaan SEM Anda akan diberikan informasi berupa data yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan Anda.

Kesimpulannya dari kedua tools marketing ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing masing. Agar bisa memaksimalkan kegiatan promosi tersebut, selain harus memiliki produk yang berkualitas Anda juga perlu memiliki pengetahuan dan skill dalam hal pemasaran. Terutama di era serba digital dan teknologi saat ini. pada dasarnya semua metode pemasaran adalah baik asalkan digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.