Instagram sudah mulai menarik perhatian banyak pengusaha di dunia. Tren ini bisa dianggap adalah hal baru, dengan bertambahnya jumlah followers pada platform ini serta pengguna aktif hingga 600 juta bahkan lebih setiap bulannya.
Angka tersebut sudah pasti lebih besar bila dibandingkan platform sosial lainnya. Dengan adanya fakta ini membuat instagram sangat menarik minat seorang marketer, karena bisa dimanfaatkan sebagai alat membangun hubungan baik dengan banyak pihak.
Namun, untuk dapat memperoleh perhatian dari banyak orang, tentunya harus memiliki konten yang menarik dan tidak membuat pengunjung halaman menjadi bosan. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan engagement :
Gunakan warna kuat dan solid
Tugas pertama yang harus dilakukan dan sangat jarang diperhatikan oleh pengguna lain adalah mempergunakan warna sebagai background gambar yang akan diposting agar menarik minat pengunjung.
Menurut sebuah studi, bila menggunakan dominasi biru sebagai latar gambar akan membuat pengunjung menjadi lebih betah berlama-lama untuk melihat konten pada halaman dan memang ternyata apabila Anda memberikan sentuhan warna yang sama pada konten di Instagram, itu lebih unggul dibandingkan polos.
Gunakan ajakan untuk segera bertindak
Sama halnya dengan terjadi pada strategi pemasaran online lain, bila Anda berkeinginan untuk melihat hasilnya. Maka Anda harus membuat kalimat ajakan yang kuat. Beranda hanya akan memperoleh konversi saat memberitahukan kepada followers tentang yang harus mereka lakukan.
Misalnya, mengajak mereka untuk berbisnis dan melakukan registrasi melalui email atau bisa juga dengan membeli sebuah produk hingga sekedar mengklik tombol follow/subscribe.
Bila Anda tidak melakukan ajakan bertindak secara jelas pada followers Anda, kemungkinan yang terjadi adalah akan sulit untuk akun yang Anda miliki bisa mendapatkan pengunjung lebih banyak. Contohnya, ketika mereka datang mengunjungi beranda instagram bisnis Anda, ajaklah para pengikut tersebut untuk mendaftarkan diri dan ikut berbisnis dengan Anda.
Anda wajib menyertakan tautan atau link mengenai bisnis pada profil agar followers dapat dengan mudah mengunjungi website/blog. Karena bila Anda mencantumkan link pada postingan, mereka tidak akan bisa mengklik bagian tersebut.
Dorong followers untuk berdiskusi
Sebuah kalimat ajakan untuk melakukan tindakan yang kuat akan sangat mempengaruhi tingkat keterlibatan para pengunjung untuk melakukan diskusi mengenai apapun yang Anda posting. Buatlah konten yang menarik sehingga berhasil membuat followers serta pengguna lain merespon caption yang Anda buat.
Bila sudah mulai ada yang meresponnya dan memunculkan sebuah diskusi, Anda bisa mulai ikut didalamnya misal memberikan pendapat. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memposting sesuatu. Tetaplah sopan dan tidak membuat isu tentang SARA ataupun berhubungan dengan politik, bersikaplah netral.
Gunakan hashtag yang tepat
Anda bisa memasang hashtag, karena dipercaya fitur sederhana ini merupakan cara mudah untuk bisa mencapai sebuah visibilitas yang baik untuk konten Anda. Biasanya cukup menyesuaikan dengan photo uang Anda posting di feed instagram.
Dengan memasang hashtag, akan membuat pengguna lain dapat dengan muda menemukan konten yang mereka inginkan. Jadi, sudah pasti penggunaanya akan memberikan peluang besar bagi postingan yang Anda buat mendapatkan pengunjung.
Namun, berhati-hatilah. Jangan terlalu over-stuff dari gambar yang Anda posting dengan hashtag. Karena bila terlalu banyak memasang hastag atau menggunakannya tidak sesuai tema. Maka kemungkinan terbesar adalah Anda akan kehilangan followers dibandingkan lebih banyak interaksi.
Perlihatkan wajah
Wajah merupakan hal pertama yang akan dilihat ketika bertemu dengan seseorang, bergaul dan mengenali seseorang dari jarak jauh. Selain itu wajah juga bisa memperlihatkan emosi dalam diri serata dapat membantu Anda mendapatkan kesan kuat terhadap lingkungan.
A-B menguji strategi caption Anda
Teks atau caption yang Anda buat pada feed akan memiliki efek untuk berinteraksi dengan followers Anda, walau tetap harus fokus dengan gambar. Perhatikan secara seksama seberapa panjang kalimat yang nantinya akan digunakan, pilihlah kata-kata serta intonasi yang akan mampu mempengaruhi para pengunjung untuk memberikan like dan komentar pada postingan Anda.
Jangan lupa untuk menyematkan kalimat ajakan, seperti bergabung dengan bisnis yang Anda miliki atau memfollow akun instagram serta menekan tombol lonceng agar ketika ada postingan baru, mereka akan langsung mendapatkan pemberitahuan.
Promosi Silang
Apabila bisnis yang Anda jalankan mempunyai akun lain selain instagram, Anda bisa mempostingnya juga di platform lain tersebut. Apalagi sekarang instagram dapat terhubung dengan Facebook, dan juga WhatsApp jadi tidak ada alasan untuk tidak membagikannya ke kedua platform tersebut.
Belum lagi, dengan teknologi yang semakin canggih. Anda bisa menshare link ke semua platform yang diinginkan. Hal ini akan sangat membantu perkembangan dan meningkatkan engagement dari akun Instagram yang Anda miliki. Karena tentu saja setiap platform memiliki audience yang berbeda-beda.